Cara Mudah Menjinakkan Sugar Glider

Membuat sugar glider dapat jinak atau bonding dengan pemeliharanya tentu diperlukan suatu pendekatan secara intensif. Perlu diketahui bahwa SG merupakan hewan peliharaan yang sangat sosial, jadi semakin anda sering menghabiskan waktu bersamanya maka akan semakin kuat ikatan antara anda dan sugar glider. Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mempercepat proses bonding atau menjinakkan sugar glider anda.

proses-bonding-sugar-glider

  1. Jika anda baru membeli sugar glider, jangan berikan mainan terlebih dahulu di dalam kandangnya. Cara ini bertujuan agar perhatian SG lebih terfokus dengan diri anda bukan dengan mainannya.
  2. Indera penciuman SG sangat tajam, dia mampu mengidentifikasi orang disekitarnya melalui aroma. Oleh sebab itu agar SG cepat mengenali anda, letakkan kain kecil (bisa sapu tangan atau yang lainnya) yang biasa anda gunakan untuk membersihkan kulit anda di kandangnya (lebih bagus diletakkan pada tempat tidur SG). Hal ini akan membuat sugar glider terbiasa dengan aroma diri anda, namun jangan gunakan aroma parfum karena bisa membahayakan SG anda. 
  3. Dekati glider secara perlahan-lahan kemudian usapkan tangan anda dengan lembut, jika glider mencoba menggigit tangan atau jari anda usahakan jangan melakukan gerakan yang membuatnya menjadi lebih takut. (tips, jika SG anda selalu ingin menggigit jari anda, cobalah masukan jari jempol anda kedalam mulutnya dengan posisi kuku jempol menghadap kebawah karena gigi-gigi SG yang tajam berada pada gigi bawah)
  4. Cobalah untuk sering berbicara dengan SG. Walaupun kemungkinan Sugar Glider tidak mengerti bahasa kita, namun setidaknya bisa mengenali suara anda dan tentunya akan mendapatkan kepercayaan dari SG anda.
  5. Sering-seringlah memberikan makanan langsung dengan tangan anda. Cara ini agar glider merasa diperhatikan oleh anda.
menjinakkan-sugar-glider_653245

Jika hal diatas sudah bisa anda lakukan dengan baik dan berhasil, selanjutnya berikan pelatihan diluar kandang.
  1. Ajak bermain sugar glider anda di dalam ruangan yang terbuka dan tutup semua lubang untuk mencegah SG kabur.
  2. Saat anda mau berpergian, coba bawa sugar glider dan masukan kedalam kantong baju anda. Perlu diperhatikan, kantong baju anda harus mempunyai kancing yang sedikit rapat agar glider tidak kabur. Cara ini memang sangat beresiko lepasnya glider, namun akan membuat SG cepat jinak.
  3. Jangan terlalu sering melihat atau merogoh kantong yang didalamnya ada sugar glider, biarkan dia merasa nyaman dalam kantong saku anda.
Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan agar sugar glider anda bisa bonding atau jinak. Namun juga anda harus memiliki kesabaran dalam melakukan proses bonding karena hal ini tidak bisa anda peroleh dalam sehari semalam. Baca juga artikel hewan peliharaan lainnya di Other Pets