3 Manfaat Burung Bagi Kesehatan

Burung diyakini mampu memberikan efek positif bagi kesehatan manusia. Telah banyak penelitian dilakukan mengenai berbagai manfaat dari keberadaan burung dialam ini, salah satunya adalah seperti yang sudah disebutkan yaitu kesehatan bagi manusia.

manfaat-burung-bagi-kesehatan

Manfaat kicau burung dan perilakunya


Sebenarnya berbagai manfaat dari keberadaan burung tidak hanya bagi kesehatan akan tetapi banyak yang bisa kita dapatkan, seperti pada artikel 7 Pembelajaran kehidupan dari seekor burung. Namun kali ini SuaraBurungs.Com akan sedikit mengulas berbagai jenis manfaat burung bagi kesehatan manusia, diantaranya adalah:

#1. Suara burung untuk mengurangi depresi


Kepenatan menjalani kehidupan sehari-hari bisa membuat kelelahan pikiran kita, apalagi jika kita tinggal pada lingkungan yang bising seperti perkotaan ditambah dengan aktifitas kerja yang banyak menguras pikiran tentu akan membuat pikiran menjadi stress atau depresi, tegang urat saraf, dan kurangnya waktu istirahat karena berada dalam kondisi lingkungan yang tidak tenang dan nyaman.

Mendengar kicauan suara burung dipercaya sebagai salah satu solusi untuk mengurangi rasa stress karena menjalani beban hidup yang sangat menguras tenaga dan pikiran. Kita bisa mendengarkan berbagai jenis kicauan burung dalam bentuk audio yang dikhususkan untuk relaksasi, biasanya suara burung akan dipadukan dengan suara gemercik air dan suara binatang lain. Jika kita mendengar suara burung untuk relaksasi ini, maka kita seperti sedang berada ditengah hutan.

#2. Memberi makan burung untuk terapi fisik

memberi-makan-burung-untuk-terapi

Proses pemberian makanan pada burung ternyata diyakini dapat memberikan efek positif bagi yang melakukannya. Efek positif saat sedang memberi makan burung seperti yang kami kutip dari NewBuryPortNews antara lain adalah:
  • Mereka yang memberi makan burung-burung akan merasa memiliki tujuan hidup yang memberikan mereka harga diri.
  • Memberi makan burung dapat memotivasi bagi mereka yang kurang dalam berolahraga sendiri. proses pemberian makanan kepada burung dapat mengembangkan ketrampilan motorik, bahkan gerakan sederhana memotong makanan untuk diberikan kepada burung dapat melatih jari atau tangan yang kaku.
  • Memberi makan burung di halaman atau pekarangan rumah akan membuat mereka yang kesehariannya berada didalam rumah merasakan kebebasan dan mengurangi depresi, karena akan dapat berinteraksi dengan kondisi luar rumah.
Proses pemberian makanan pada burung sangat cocok bagi para manula agar selalu dapat beraktifitas sehingga bisa digunakan untuk terapi fisiknya.

#3. Gerakan lincah burung untuk kesehatan mata


Saat kita menonton/melihat burung yang bergerak kesana kemari diyakini dapat bermanfaat bagi gerakan mata agar lebih baik serta mampu meningkatkan untuk beberapa bidang visual, terutama bagi penderita stroke.

Itulah beberapa manfaat burung bagi kesehatan yang bisa kita dapatkan, jadi peliharalah burung kesayangan anda dengan perawatan yang dilandasi penuh kasih sayang agar bisa merasakan manfaatnya.