Tetap Bertahan Di Musim Penghujan

Seringkali jika musim penghujan datang maka kita sebagai pemelihara burung berkicau harus selalu waspada akan kondisi kesehatan peliharaannya, agar mampu bertahan dengan perubahan cuaca yang dapat menyebabkan burung tidak fit tubuhnya dan terutama timbulnya berbagai penyakit.

menjaga-kesehatan-burung

Sebagai pemelihara burung tentu kita harus selalu memperhatikan kondisi tubuhnya saat musim penghujan datang. Perubahan pola perawatan burung dari yang biasanya kita lakukan penjemuran, namun dengan adanya hujan maka tidak bisa dilakukan. Karena pola perawatan berubah tersebut maka dapat mengakibatkan kondisi kesehatan burung bisa menurun yang juga akan membuat burung tidak mengeluarkan suara kicauannya.

Selain dari sisi kesehatan yang menurun, musim penghujan juga dapat mengakibatkan datangnya berbagai penyakit terutama jika kita tidak menjaga kebersihan sangkar/kandang.

Burung masuk angin dan pilek saat musim hujan


Penyakit yang umum menyerang burung pada musim hujan biasanya adalah masuk angin dan pilek. Burung yang sedang masuk angin akan menjadi pendiam (tidak aktif), mengembangkan bulu dan Jika terkena pilek biasanya akan banyak lendir di hidung.(baca juga artikel 9 Tanda Burung Sakit)

Guna menjaga kondisi burung agar tetap prima disaat musim hujan lakukan perawatan terbaik, seperti memberikan vitamin (bisa anda dapatkan di toko burung), menambah porsi EF dari pola perawatan biasanya (seperti jangkrik, ulat hongkong, kroto) guna menghangatkan tubuh, bersihkan sangkar tiap hari (kondisi lembab akan menimbulkan berbagai bakteri yang akan menjangkiti burung jika banyak kotoran di sangkar), jangan memandikan burung jika cuaca selalu mendung dan udara dingin, penjemuran dilakukan saat ada panas matahari walaupun cuma sebentar, lakukan pengerodongan guna menjaga burung dari terpaan angin dan terutama banyaknya nyamuk jika musim hujan tiba.

Melakukan perawatan ekstra pada saat musim penghujan datang memang sangat diperlukan agar burung tetap bertahan dalam kondisi yang prima dan yang pasti tetap rajin mengeluarkan suara atau berkicau dengan gacor setiap harinya.