Pentingnya Air putih Yang Segar Bagi Burung

Ganti air minum burung anda dengan air putih yang masih segar. Melakukan hal ini kelihatannya memang sangat sepele, namun banyak pemelihara burung yang sering mengabaikannya.

pentingnya-air-minum-segar-untuk-burung

Seperti yang kita ketahui, air merupakan faktor penting bagi kehidupan terutama makhluk hidup. Benda cair ini sangat mudah sekali tercemar oleh berbagai jenis virus dan bakteri. Oleh karena itu anda harus benar-benar memastikan kebersihan air yang dikonsumsi oleh burung.

Terjadinya penyebab pencemaran pada air yang dikonsumsi burung banyak sekali faktornya, diantaranya adalah bakteri yang melayang diudara dan masuk kedalam air, kotoran burung, serta sisa makanan yang menempel pada paruh kemudian jatuh kedalam air saat burung sedang minum.

Bakteri yang siap menginfeksi burung anda lewat air


Aspergillius, merupakan jamur yang dapat mencemari air minum pada burung. Jamur-jamur ini akan masuk kedalam air minum untuk dapat melangsungkan hidupnya, karena bakteri juga merupakan makhluk hidup yang membutuhkan air. Jamur ini akan sangat berbahaya jika sampai menyerang burung peliharaan anda.

Satu bakteri yang hidup di air minum mungkin tidak akan membuat burung anda sakit, tetapi perlu kita ketahui bahwa dalam waktu yang singkat bakteri ini akan membentuk keluarga sehingga jumlahnya menjadi semakin banyak hingga milyaran. (baca juga artikel 7 Jenis Penyakit Yang Sering Menyerang Burung Kenari)

Pentingnya mengganti air minum burung setiap saat


Karena kita tidak mengetahui makhluk kecil berbahaya berupa bakteri dan jamur yang hidup di air minum burung, maka sering-seringlah menggantinya dengan air yang baru. Banyak sekali orang yang hanya menambahkan air minum jika air minum sudah hampir habis. Usahakan air yang diberikan burung peliharaan anda merupakan air matang ( air yang sudah dimasak) agar benar-benar fresh dan bebas dari bakteri dan virus.

Pemberian suplemen yang dicampurkan dengan air minum juga menjadi pemicu timbulnya bakteri jika tidak segera anda ganti dalam batas waktu yang sudah ditentukan. Oleh sebab itu, penting sekali anda membaca aturan pakai yang biasanya sudah tertera pada bungkus suplemen. (baca juga artikel Pentingnya Vitamin Bagi Murai)

Bersihkan tempat minum burung


Tempat atau wadah air minum burung seringkali terdapat kotoran. Membersihkan tampat minum air menjadi sangat penting untuk dilakukan agar tidak ada bakteri yang menempel. Cucilah dengan air panas agar bakteri yang tertempel pada tempat minum mati.

Jika kandang burung memiliki dua tenggeran atas dan bawah, sebaiknya tempatkan wadah air minum di tenggeran yang atas untuk menghindari air terkena/kejatuhan kotoran burung.

Pemberian air minum yang segar memang terlihat sederhana, tetapi ini sangat penting bagi kesehatan burung anda agar bisa tampil menarik dan pastinya senang berkicau.
Tag : Perawatan