Melatih Mental Trucukan Agar Nggaruda

Trucukan, kayaknya hampir semua pecinta burung pasti tahu dengan jenis burung yang satu ini. Walaupun tergolong jenis burung yang harganya tidak mahal, namun memiliki keistimewaan tersendiri yang mampu memikat para penghobi burung untuk memeliharanya seperti suara ropel (dapatkan audio Koleksi Suara Ropel Burung Trucukan) dan nggaruda.

melatih-mental-trucukan

Nggaruda merupakan sebuah aktifitas yang dilakukan burung trucukan saat menjaga daerah terotialnya dengan cara mengembangkan kedua sayap layaknya burung garuda.

Pemelihara burung trucukan pastinya menginginkan peliharaannya bisa memainkan kedua sayapnya atau nggaruda, berikut ada beberapa tips yang bisa anda lakukan agar trucukan nggaruda yang kami kutip dari forum trucukanmania.kpbt.

Melatih trucukan nggaruda


melatih-trucukan-nggaruda

Seperti yang sudah kami terangkan diatas bahwa karakter nggaruda pada burung trucukan merupakan sikap burung saat sedang menjaga wilayah teritorialnya dari gangguan burung lainnya. Karena cara menjaga wilayahnya dengan mengembangkan kedua sayap, maka hampir semua jenis burung trucukan memiliki gaya nggaruda (dengan catatan burung mempunyai mental baik dan usia sudah dewasa). Maka dari itu penting sekali mengasah mental TR agar jiwa nggaruda bisa keluar, berikut cara yang bisa anda lakukan:

  • Lakukan penempelan atau dekatkan sangkar TR dengan burung lainnya selama beberapa menit. Setelah itu jauhkan lagi beberapa menit kemudian tempelkan lagi, lakukan ini secara rutin agar bisa maksimal hasilnya.
  • Memancing burung untuk menunjukkan kekuasaanya dengan menempatkan sangkar di tanah (tempat yang banyak jenis burung gereja), kemudian tabur biji-bijian seperti milet disekitar sangkar agar memancing burung gereja datang untuk memakan milet. Dengan datangnya burung lain biasanya trucukan akan menunjukkan sikap nggaruda guna menjaga daerah kekuasaanya.
  • Buat burung merasa nyaman akan kehadiran anda dan lingkungan sekitar, lakukan juga interaksi dengan trucukan anda setiap hari. Langkah ini bisa anda lakukan saat sedang mengganti air minum, memberi makanan, dan saat sedang menjemur burung. Gantang sangkar sebaiknya yang dekat dengan pintu masuk rumah. Jika burung sudah mempunyai mental bagus maka akan melakukan sikap nggaruda (buka sayap) apabila ada orang lewat.

Itulah beberapa tips melatih mental burung trucukan agar bisa nggaruda. Yang paling utama adalah lakukan perawatan secara rutin dan sering-seringlah berinteraksi dengan burung agar mentalnya tumbuh. Contoh interaksi yaitu bersiul dekat kandang, menjetekan tangan, menggoda burung saat sedang memberi jangkrik, dan lain-lain. (Baca juga artikel Uji Mental Burung Anda)