Meracik Makanan Ciblek Agar Bermental Super Ngotot

Para penikmat burung berkicau pasti sudah tahu bagaimana kegarangan ciblek saat sedang diarena lomba. Meskipun berpostur kecil namun burung ciblek mempunyai gaya fighter yang sangat menarik, mental ngotot saat bertemu dengan lawannya.

ciblek-mental-super

Mempunyai ciblek bermental super ngotot tentu akan menjadi suatu kebanggaan bagi pemiliknya, karena akan dapat menguasai keganasan lawan-lawannya saat sedang berhadapan dan tentunya tidak akan mudah drop mental.

Ada beberapa faktor yang membuat burung ciblek bermental super ngotot, antara lain adalah usia burung sudah mapan/dewasa, jam terbang (sering mengikuti perlombaan), keturunan, dan pola perawatan harian. Dalam perawatan harian, pemberian makanan menjadi salah satu faktor penting dalam menjaga kesehatan burung (baik tubuh maupun mental). Kesetabilan birahi burung saat diarena lomba juga sangat berpengaruh dalam menghadapi lawan (jangan terlalu berlebihan maupun kekurangan). (baca artikel Ciri Burung Over Birahi)

Mungkin para pemelihara ciblek seringkali kecewa saat burung kesayangannya tiba-tiba hanya naik turun tangkringan saja, bahkan hanya diam sambil mengembangkan bulu dalam arena lomba. Kenapa hal ini bisa terjadi? Ada beberapa sebab, salah satunya karena birahi yang terlalu berlebihan atau bisa jadi karena kurang birahi yang mengakibatkan mental tidak jadi lemah (baru ketemu lawan sudah klepek-klepek).

Birahi yang tidak stabil bisa disebabkan karena makanan yang dikonsumsi kurang tepat atau sangat rendah kandungan nutrisinya. Untuk mengatasi hal tersebut kali ini kami akan memberi tips meracik makanan ciblek agar bermental super ngotot yang kami kutip dari forum CMJB, namun tips ini dikhususkan bagi burung yang sudah dewasa.

Bahan untuk meracik makanan ciblek


  • Voer (satu bungkus)
  • Kroto kemasan (satu bungkus)
  • Susu bubuk (satu bungkus)
  • Tepung jangkrik (satu bungkus)
  • Sereal beras merah/kacang hijau (satu bungkus)
  • Minyak ikan (4 butir)
  • Kuning telur bebek matang (2 buah)
Cara meraciknya adalah: masukan semua bahan kedalam botol berukuran besar dan kocok hingga tercampur merata, kemudian keluarkan lagi dan haluskan dengan cara di ulek. Setelah halus masukan kembali kedalam botol dan kocok hingga merata. Lalu simpan ditempat yang kering namun tidak terlalu panas.  
*) Proses diatas bisa dilakukan menggunakan mesin blender atau mixer.

Berikan racikan makanan ciblek tersebut sebagai pengganti voer biasa. Pemberian EF (jangkrik, ulat, kroto) tetap dilakukan dan cari ukuran porsi yang tepat bagi burung anda, jika sudah menemukan dan pas dengan karakter ciblek anda sebaiknya jangan dirubah-rubah setingan pemberian EF-nya.  Semoga tips diatas bermanfaat dan cocok buat burung ciblek anda agar bermental super ngotot. (baca juga artikel Menambah Volume Ciblek Agar Kristal)