5 Penyebab Anis Merah Macet Bunyi dan Solusinya

Kondisi burung yang seringkali membuat gundah pemeliharannya adalah saat mengalami macet bunyi, karena hari-hari yang selalu dimanjakan oleh suara kicau burung kesayangan menjadi tidak terdengar lagi. Apalagi jika burung yang mengalami macet bunyi adalah anis merah, selain hilang suara kicaunya anda juga tidak bisa menikmati khas gaya telernya.

penyebab-anis-merah-macet-bunyi

Penyebab anis merah macet bunyi


Enggannya burung anis merah mengeluarkan kicauannya atau macet bunyi bisa disebabkan karena adanya gangguan yang mempengaruhinya. Gangguan tersebut bisa dari internal burung tersebut maupun dari eksternal (kondisi luar AM). Berikut beberapa penyebab anis merah macet bunyi dan cara mengatasinya yang kami kutip dari group AMI.

#1. Anis merah stress


Kondisi stress yang dialami burung akan berakibat menjadi macet bunyi. Stress pada burung bisa disebabkan karena berbagai hal, misalnya adanya hewan lain yang mengganggu, dibawa ke tempat yang jauh perjalanannya, sangkar/kandang jatuh, dan lain-lain.

Solusi menangani AM macet bunyi karena stress adalah lakukan pemandian burung sesering mungkin (cara ini untuk membuat burung menjadi relaks). Jika burung sudah mulai menikmati mandi dengan senang, maka bisa menjadi tanda bahwa stress-nya sudah mulai menghilang. AM yang stress akibat melihat hewan lain (misalnya melihat kucing), maka harus segera dijauhkan dari hewan tersebut. Lakukan proses pengembunan 2 kali dalam seminggu, dan hari-hari lainnya dikerodong sampai kondisi stress hilang atau sudah mau berbunyi walau cuma sebentar.

#2. Anis merah over birahi


Kondisi birahi yang berlebihan pada anis merah juga akan membuat burung mengalami macet bunyi. Jika kondisi macet karena over birahi maka solusinya adalah lakukan pengembunan sesering mungkin dan jangan kerodong sangkar, letakkan sangkar pada tempat yang tenang/sepi. (Baca artikel Anis Merah Over Emosi dan Penanganannya)

#3. Anis merah kondisi mabung atau nyulam


Kondisi rutinitas yang tidak bisa dihindari oleh burung adalah mabung. Dalam kondisi seperti ini burung akan lebih banyak diam, bahkan jika saat mabung burung berbunyi maka kita seharusnya berusaha agar burung diam. AM yang sedang mabung memang sebaiknya harus diam agar proses pergantian bulunya selesai dengan sempurna.

Macet bunyi AM juga sering terjadi pada saat nyulam (bisa diartikan proses menganti bulu yang tidak selesai pada saat mabung).

#4. Anis merah kelar mabung


Saat baru selesai proses mabung, AM juga biasanya akan mengalami macet bunyi. Kondisi ini bisa disebabkan karena kegemukan yang diakibatkan banyaknya asupan nutrisi pada saat mabung, kondisi tubuh yang belum pulih.

Mengatasi kegemukkan pada anis merah bisa dilakukan dengan pemberian buah pepaya dan melakukan pengembunan secara normal. Jika macet akibat belum pulih kondisi tubuh setelah mabung, lakukan perawatan rutin seperti biasa dan berikan makanan yang banyak mengandung nutrisi.

#5. Lingkungan kurang nyaman


Kondisi lingkungan yang kurang nyaman atau kurang disukai, bisa juga membuat Anis merah menjadi malas untuk berbunyi. Perlu diketahui bahwa ada beberapa AM yang menyukai adanya teman lain disekitarnya, namun ada juga yang senang menyendiri. Maka sebaiknya anda mengetahui karakternya terlebih dahulu.

Pilih lokasi tempat menggantang yang cukup sirkulasi udaranya, cahaya yang masuk tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap. Berikan makanan EF (extra fooding) kroto karena sangat bagus untuk menormalisasi birahi dan bisa memicu burung jadi rajin berbunyi, minimal pemberian kroto 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Itulah beberapa factor penyebab anis merah macet bunyi dan berbagai solusinya. Selain solusi-solusi diatas, mengatasi macet bunyi juga bisa dengan memancingnya menggunakan suara AM betina.