Ulat Hongkong Berbahaya Bagi Burung? Atasi Dengan Cara Ini

Ulat hongkong atau juga disebut dengan UH merupakan makanan extra fooding (EF) yang sering digunakan untuk burung. Akan tetapi UH juga berbahaya bagi burung anda jika terlalu berlebihan dalam pemberiannya, karena menurut beberapa literatur ulat hongkong seringkali lebih banyak kandungan lemaknya daripada kandungan protein. Maka jika terlalu banyak dalam memberi makan dikhawatirkan akan berakibat kegemukan pada burung peliharaan anda.

ulat-hongkong-untuk-burung

Ulat hongkong juga di percaya dapat hidup sekian detik bila kepala tidak terkunyah, akibatnya sangat berbahaya bagi burung anda jika menggigit alat pencernaan burung karena mengakibatkan bengkak dan infeksi pencernaan. Oleh karena itu disarankan jika ingin member makan sebaiknya bagian kepala dipotong terlebih dahulu atau beri UH yang baru ganti kulit.

Agar Ulat Hongkong Tidak Terlalu Berbahaya Pada Burung


Walapun masih terjadi pro dan kontra terhadap pemberian UH, banyak para penghobi burung mencari cara agar ulat hongkong tidak terlalu berbahaya untuk dikonsumsikan pada peliharaannya, salah satunya adalah dengan menggunakan tips berikut:

Ulat hongkong diberi makan dengan kunyit. Caranya kunyit dipotong kecil-kecil kemudian taruh pada tempat/wadah UH sebagai makanannya. Kunyit yang telah dikonsumsi oleh Ulat dapat untuk menurunkan kolesterol, antibiotic, serta untuk menambah nafsu makan burung.

Bahayanya ulat hongkong bagi burung memang masih menjadi pro kontra, karena banyak yang menganjurkan untuk memakainya dan juga sebaliknya. Jadi silahkan pilih yang terbaik menurut anda. Source artikel dari berbagai sumber