Uji Mental Burung Anda

Seringkali banyak orang yang heran dengan burung peliharaannya, karena tidak dapat berkicau saat berada dalam arena perlombaan padahal kalau dirumah sangat rajin berbunyi/gacor. Kenapa bisa terjadi begitu? Salah satu sebabnya mungkin karena mental burung anda tidak siap dan akhirnya burung tidak mau berkicau, loncat-loncat, cuek.

uji-mental-burung-petarung

Menguji mental burung merupakan hal yang sangat penting, apalagi jika tujuan anda dalam memelihara burung untuk di ikutsertakan dalam arena perlombaan serta tidak ngedrop/down saat memasuki area lomba. Mampu melawan atau mau berkicau dalam tempat pertandingan pasti akan membuat senang pemiliknya apalagi jika berhasil meraih juara.

Melatih Mental Burung


Burung dapat memiliki mental yang bagus jika sering dilatih secara terus menerus dan tentunya dengan tidak menyakiti sang burung saat melatihnya. Bagaimana cara melatih mental burung? Berikut beberapa cara yang dilakukan oleh para penghobi burung dalam menguji mental hewan peliharaannya.

1. Tempat ramai


Suasana yang ramai dapat melatih mental burung. Sebagai contoh gantang burung anda ditempat yang sering dilalui atau menjadi lalu lintas manusia. Hilir mudik manusia akan membuat burung anda akrab dengan lingkungan sekitar dan tentunya mental sang burung juga akan bertambah.

2. Pasar Burung


Pasar burung merupakan tempat yang juga bagus untuk melatih mental. Bawa burung anda ke PB dan gantang di area pasar agar sering mendengar riuhnya suara burung.

3. Area Lomba Burung


Suasana area perlombaan burung sangat cocok untuk melatih/menguji mental hewan kesayangan anda, biarkan burung beradaptasi dengan banyaknya suara burung yang berkicau dan ramainya teriakkan orang. Tidak perlu untuk di ikut sertakan dalam lomba, anda cukup menggantang di sekitar area perlombaan. Jika baru pertama kali anda membawa ke area perlombaan sebaiknya burung tetap dikerodong agar tidak terlalu stress dan bila burung sudah mau berbunyi dalam suasana yang bising maka kerodong bisa anda buka.

4. Lantai


Taruh sangkar dilantai, cara ini selain dapat membuat burung anda menjadi jinak juga dapat melatih mental karena begitu dekatnya burung dengan lalu lintas manusia. Saat anda manaruh sangkar dilantai harus diawasi terus dari keberadaan hewan lain yang berbahaya, seperti tikus maupun kucing.

Itulah beberapa cara yang bisa anda terapkan dalam melatih atau menguji mental burung agar tidak mudah down/ngedrop saat ikut perlombaan. Jika anda mempunyai tips lain untuk mengasah mental burung silahkan berbagi melalui komentar. Baca juga artikel 3 Cara Menjinakkan Burung Kacer Yang Giras