Tips Perawatan Cucak Jenggot Agar Super Gacor

Suara burung yang gacor biasanya menjadi tujuan utama bagi para pemeliharanya, begitu juga jika memelihara burung cucak jenggot pastinya ingin memiliki yang rajin berbunyi dan bersiul apalagi jika ingin dijadikan sebagai master untuk burung lainnya maka intensitas dalam berkicau harus sesering mungkin.

perawatan-cucak-jenggot-agar-gacor

Cucak jenggot yang belum gacor biasanya akan berkicau pada waktu tertentu saja, misalnya hanya pada waktu pagi hari, sore hari, atau malam hari saja. Kurang rajinnya dalam berkicau mungkin karena kurang pas dalam perawatan tiap harinya yang mengakibatkan burung tidak dalam kondisi yang maksimal dan akhirnya malas mengeluarkan suara kicauannya.

Berikut kami kutip dari berbagai sumber tentang tips merawat cucak jenggot agar super gacor, siapa tahu tips ini cocok bagi burung cucak jenggot milik anda:

Memandikan Burung Cucak Jenggot

Proses pemandian cucak jenggot dilakukan pada waktu malam hari. Lakukan pemandian dengan cara disemprot maupun dengan memberikan cepuk untuk mandi. Anda harus memastikan burung dalam kondisi yang basah kuyup.

Pagi hari sekitar jam 5 cucak jenggot dikeluarkan pada tampat terbuka agar tubuh burung terkena embun. Sekitar jam 6 pagi burung dimandikan, proses sama seperti waktu memandikan pada malam hari. Kemudian Cucak Jenggot di angin-anginkan kurang lebih selama 15 menit, setelah itu burung dikerodong atau jika tidak terbiasa dikerodong taruh didalam rumah untuk sementara. Pada jam 7 lakukan penjemuran sampai jam 8 setelah itu masukan kembali cucak jenggot kedalam rumah atau tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Makanan Cucak Jenggot

Pemberian makanan dan minuman cucak jenggot bisa anda lakukan seperti berikut:
  1. Berikan dua wadah air dalam sangkar, yaitu untuk tempat air minum dan tempat madu yang berguna untuk penambah stamina burung.
  2. Berikan pisang yang diolesi dengan madu
  3. Agar Cucak Jenggot memiliki suara bening, maka berikanlah minuman air teh yang tidak terlalu manis kemudian di campur dengan perasan air jeruk nipis, pemberian ini cukup 2 kali dalam seminggu.
Semoga tips perawatan cucak jenggot agar super gacor ini mampu membuat burung CJ anda menjadi lebih rajin berkicau. Tips lainnya tentang membuat burung gacor adalah: Membuat Ciblek Gacor Setelah Macet Bunyi