Tips Memperpanjang Tembakan Cucak Ijo

Memelihara burung kicauan agar bisa mencapai dengan apa yang kita inginkan salah satu faktor penentunya adalah perawatan. Seperti halnya pada burung cucak ijo, jika dalam perawatan sudah tepat maka hasilnya akan memuaskan. Cucak ijo yang tembakannya panjang juga salah satunya dari bagaimana kita merawatnya.

memperpanjang-suara-tembakkan-cucak-ijo

Banyak pemelihara yang mengeluh karena tembakan cucak ijo miliknya pendek-pendek tidak bisa panjang. Beberapa hal yang mengakibatkan tembakan CI pendek antara lain adalah karena sudah menjadi karakter burung, proses penjemuran yang tidak sesuai, EF (extra fooding) yang tidak pas.

Mengetahui karakter burung apakah mempunyai suara tembakan panjang atau pendek akan sangat sulit, kecuali jika burung cucak ijo yang kita dapatkan dari hasil penangkaran dan kita tahu bagaimana kualitas induknya. Tetapi jika burung yang kita punya adalah dari hasil tangkapan liar maka akan sulit untuk mengetahui kualitas suaranya, namun kita harus tetap berusaha bagaimana agar CI dapat berkicau dengan tembakan yang panjang. (baca artikel Cara Memilih Bakalan Cucak Ijo Bermental Juara)

Cara Agar Tembakan Cucak Ijo Jadi Panjang


Cobalah anda lakukan tips berikut, bagaimana melatih cucak ijo agar mempunyai tembakan panjang, tips ini bisa anda terapkan pada CI anda yang hasil dari tangkapan hutan dan belum diketahui karakter dasarnya.

Seperti yang sudah disebutkan diatas, cucak ijo tembakan tidak bisa panjang bisa jadi karena kurang tepatnya proses penjemuran. Usahakan sewaktu penjemuran gunakanlah tangkringan atau tenggeran 1 saja dan ambil semua makanan kecuali air untuk minum. Berikan wadah tempat minum yang berukuran kecil guna menghindari burung mandi di wadah minuman.

Tangkringan/tenggeran yang hanya satu pada saat penjemuran bertujuan untuk melatih burung menjadi lebih banyak bergerak kesana kemari, sehingga akan memperkuat daya tahan nafas burung cucak ijo. Akan lebih baik lagi jika kandang untuk menjemur berukuran besar/lebar atau menggunakan kandang umbaran. Waktu penjemuran cukup 2 jam.

Mandikan burung sehari 3 kali (pagi, siang, dan sore/malam) sampai cucak ijo basah kuyup. Itulah tips agar cucak ijo bisa mempunyai tembakan panjang yang kami kutip dari fanspage cucak ijo mania.