Revolusi Mental Kacer Mbagong

Kacer merupakan salah satu jenis burung bertipe petarung dan kicau burung yang indah, namun ada sifat yang kurang menyenangkan dari burung berbulu hitam dan putih ini yaitu mbagong. Pemelihara kacer yang sering mengikut sertakan dalam lomba sering dihantui rasa was-was jikalau saat sedang turun di area lomba burung andalannya tiba-tiba mbagong/mbedesi/mbalon.

kacer-dalam-hutan

Mbagong dalam dunia penghobi kacer adalah tingkah burung yang memekarkan bulu sambil kepalanya ditekuk menyerupai kuda laut serta mengeluarkan suara ‘cir’ berulang-ulang. Sungguh sesuatu yang sangat tidak menyenangkan jika hal ini terjadi pada arena lomba.

Mengatasi kacer mbagong memang sulit karena ini merupakan sifat asli dari burung tersebut, hanya perilaku mbagong akan dilakukan jika kondisi tubuh dan mental burung tidak dalam keadaan fit. Jika kita melakukan perawatan dengan baik maka sifat mbagong bisa di hilangkan.

Mbagong pada kacer juga berbeda-beda penyebabnya, jadi yang mengakibatkan mbagong antara burung satu dan lainnya bisa berbeda. Maka jika ingin mengobati atau menghilangkan karakter mbagong perlu memantau kondisi burung tersebut dengan cermat agar proses pengobatan bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Mengamati Penyebab Kacer Mbagong


Kondisi mbagong kacer akan dilakukan jika tubuh dan mental burung dalam kondisi yang tidak baik, maka kita harus bisa memilah apakah kacer anda mbagong karena tubuh yang tidak dalam peforma prima atau mental yang tidak baik. Jika karena mental yang jelek maka sering-seringlah dilakukan latihan bersama atau anda bisa baca artikel Cara Uji Mental Burung Anda.

kacer-alam-liar

Jika penyebab munculnya mbedesi/mbagong karena kondisi tubuh yang tidak baik mungkin karena tidak tepat dalam pola perawatannya, misalnya masalah pemberian EF, pemandian, serta penjemuran yang tidak pas untuk kacer anda.(baca artikel 3 Cara Menjinakkan Kacer Yang Giras)

Karena kacer merupakan burung yang bersifat petarung, maka diperlukan pengawasan yang pas pada tingkat birahinya. Banyak penghobi kacer yang percaya kalau sering memandikan burung akan membuat birahi berlebihan karena sewaktu dalam kondisi bulu yang basah, burung akan selalu menyisir bulu-bulunya saat berjemur dan mengakibatkan burung mudah mbagong. Oleh karena itu pemandian cukup dilakukan 1 kali sehari dan penjemuran antara pukul 7 sampai pukul 10 WIB.

Mengatasi Kacer Mbagong


Mengatasi permasalahan kacer mbagong diperlukan kejelian, kesabaran serta rajin memonitor setiap hari selama menjalani pengobatan. Untuk perawatan Kacer mbagong juga membutuhkan waktu dan wajib mencari pengobatan yang cocok. Karena meski ada yang berhasil dengan cara pengobatan tertentu, belum tentu pengobatan tersebut bisa menyembuhkan padak Kacer mbagong lainnya.

Berikut beberapa cara perawatan Kacer mbagong yang pernah dilakukankan para penghobi kacer:

Therapy Mandi Pasir


Penerapan therapy ini diyakini sangat ampuh untuk Kacer yang full mbagong. Pasir sangat baik untuk menjaga kestabilan suhu tubuh Kacer. Pasir juga mengandung mineral yang apabila termakan oleh Kacer, mineral ini bagus untuk metabolisme Kacer dan melancarkan proses pencernaannya.

kacer-top-gacor

Cara menerapkan mandi pasir adalah dengan menaruh pasir di dalam kandang, keramba untuk mandi, atau umbaran dalam wadah yang sekiranya cukup satu minggu. Pastikan Anda menggunakan tanah yang mengandung banyak mineral. Jika tidak bisa mendapatkan tanah yang mengandung mineral, bisa menggunakan bubukan bata yang dicampur dengan produk mineral untuk burung secukupnya, anda dapat membeli produk mineral untuk burung di toko burung.

Saat pertama kali mungkin burung tidak akan langsung mau mandi pasir, oleh karena itu butuh ketelatenan dan kesabaran pemilik burung. Tips agar kacer mau mandi pasir yaitu dengan cara tidak memandikan dengan air selama beberapa hari atau pancing dengan memberi jangkrik beberapa ekor ke tempat pasir.

Air Es Untuk Kacer


Air es juga dapat membuat kacer tidak mbagong, caranya adalah dengan menyemprotkan air es pada pagi hari sampai kondisi basah kuyup. Kemudian burung diangin-anginkan sambil di beri EF jangkrik 7 ekor, lalu jemur hingga jam 10 WIB. Memandikan burung kacer dengan air es dapat membuat tubuh menjadi fit, serta mampu mengurangi birahi yang berlebihan.

Pemberian EF


Untuk mengatasi kacer mbagong, pemberian makanan EF juga harus diperhatikan jangan terlalu berlebihan maupun kekurangan. Cari porsi yang tepat untuk kacer, misalnya dengan mengurangi pemberian jangkrik, kalau biasanya anda beri 6 ekor setiap pagi dan sore menjadi 4 ekor, sedangkan porsi kroto tetap.

kacer-muda-hutan

Lihat perkembangan burung selama beberapa hari, kemudian anda coba bawa ke tempat latber. Jika hasilnya masih sama maka anda coba untuk mengurangi porsi pemberian kroto, dari yang biasanya 1 sendok bisa dikurangi menjadi ½ sendok. Begitu seterusnya sampai kacer benar-benar dalam kondisi yang pas dan tidak mbagong lagi saat sedang bertempur.

Perhatikan juga makanan voer. Ganti voer yang sudah lama terbuka dengan yang masih baru, voer yang sudah terbuka cukup lama maka kandungan vitaminnya sudah berkurang atau bisa jadi hilang. Voer yang lama juga rawan tercemari oleh bakteri.

Air minum harus diganti setiap hari, anda juga dapat menambahkan vitamin sesuai dosis yang ditentukan oleh produk vitamin yang anda beli.

Latih Lomba


Jika kacer sering dibawa ke tempat lomba, maka dapat membuat mental burung jadi terlatih dan biasa dengan suasana lomba. Sama seperti manusia jika baru pertama ikut dalam perlombaan pasti akan merasa grogi atau demam panggung, tetapi jika sudah terbiasa maka akan mampu mengendalikan emosi dan mental dalam arena lomba.

Perilaku kacer mbagong dalam arena lomba adalah karena kurang tepatnya perawatan, baik segi fisik maupun mental burung. Oleh karena itu mencari cara perawatan yang tepat menjadi keharusan bagi pemilik kacer agar bisa tampil memukau dalam setiap perlombaan. Amati dan teliti perkembangan burung kacer anda setiap saat.

Referensi artikel: KicauMania dan Media BnR
Tag : Kacer, Perawatan, Tips