Meracik Ramuan Herbal Untuk Suara Serak Pada Burung

Kicau Burung andalan anda tiba-tiba suaranya serak? Coba atasi pemasalahan tersebut dengan memberikan ramuan herbal agar kicauannya bening kembali. Ramuan herbal selain dapat mengobati suara serak pada burung juga diyakini mampu membuat stamina burung tetap prima.

membuat-ramuan-herbal-untuk-burung

Suara serak burung bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah terjadinya infeksi pada tenggorokan yang disebabkan oleh kaki jangkrik yang termakan atau adanya dahak seperti yang pernah dibahas pada artikel Mendongkrak Pleci Agar Bersuara Keras.

Ramuan herbal terbuat dari bahan-bahan alami yang ada disekitar kita, jadi sangat aman bagi burung yang sedang serak. Ramuan herbal juga sudah banyak yang menjualnya di toko burung, tetapi jika anda ingin membuatnya sendiri dirumah bisa lakukan caranya seperti berikut ini.

Meracik Ramuan Herbal Untuk Burung



Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah:
  • Madu murni (2 tutup botol)
  • Akar sereh (1 batang)
  • Jeruk nipis (2 buah)
  • Air (1 gelas)
  • Jahe merah (1 buah)

Cara Membuat Ramuan Herbal
Tumbuk atau parut jahe merah dan akar serah yang sudah dicuci, kemudian direbus hingga airnya mendidih. Selanjutnya saring air rebusan tadi dan tambahkan 2 tutup botol madu murni serta perahan jeruk nipis lalu diaduk sampai benar-benar merata, setelah dingin bisa anda berikan ke burung anda.

Pemberian ramuan herbal ini bisa anda lakukan selama 1 minggu setelah burung di jemur. Selamat mencoba meracik ramuan herbal untuk burung anda, semoga bisa membuat suara burung peliharaan anda kembali pulih dan indah kicauannya.