Persiapan Dini Blackthroat Untuk Lomba

Ajang kontes perlombaan blackthroat sangat banyak diminati para pecinta burung berkicau. Burung yang memiliki tubuh berukuran kecil ini digolongkan sebagai burung penyanyi. Keindahan suara kicau blackthroat membuat banyak penghobi burung terpikat untuk memeliharanya.

blackthroat-lomba_6255

Merawat burung blackthroat yang akan di ikut sertakan dalam perlombaan tentu berbeda dengan pola perawatan harian, ada cara tertentu yang harus dilakukan terhadap burung agar dapat tampil dengan mempesona dan mampu menjadi juara, yaitu dengan mempersiapkan secara dini burung blackthroat untuk lomba.

Ada beberapa hal yang penting yang harus dipersiapkan pada blackthroat jika ingin ikut berkompetisi pada arena perlombaan, seperti mempersiapkan fisik dan mental burung sedini mungkin. Para pecinta blackthroat biasanya melakukan hal-hal berikut pada burung yang memang dipersiapkan untuk lomba, bukan hanya untuk didengar kicauannya saja:

Memaster Blackthroat

Pemasteran burung bertujuan untuk menambah variasi pada kicauan blackthroat, apalagi jika ingin di terjunkan pada arena lomba maka akan menambah keindahan pada suara burung. Sebelum melakukan proses pemasteran, burung blackthroat sebaiknya memiliki ciri dasar sebagai berikut: 

  • Cari blackthroat yang memiliki suara keras, bening, tebal dan suara Kristal.
  • Jika berhadapan dengan lawan maka blackthroat akan membuka sayapnya, serta tidak menempel dijeruji dengan waktu yang lama.
  • Carilah postur tubuh blackthroat yang tegap, serasi, tidak cacat dan saat melantunkan suara kepalanya akan kekiri dan kekanan.
Sebaik-baiknya memaster burung adalah pada saat usianya masih muda atau piyik, karena akan lebih mudah dalam memaster. Suara untuk memaster juga harus yang sesuai dengan karakter suara blackthroat, seperti suara yang keras, tebal, nyaring dan memiliki speed yang bagus.
Herda sanger sangat baik untuk melatih speed blackthroat, sedangkan untuk suara crecetan yang kasar bisa menggunakan suara burung Jalak Suren, Prenjak, Lovebird, atau Ciblek. Guna memperindah suara master bisa menggunakan jenis burung anis.
Memilih suara burung master tentunya harus dengan keinginan dan selera sendiri, namun akan lebih baik jika kita mencari suara yang memang tidak melenceng jauh dengan karakter suara burung yang akan dimaster.

Dalam proses pemasteran juga harus memperhatikan jarak antar burung dan suara master, misalnya jika kita ingin memaster dengan jalak suren maka jaraknya antara 5 sampai 7 meter karena suara jalak suren yang keras dapat membuat blackthroat stress dan tidak nyaman. Namun jika memaster dengan burung yang suaranya kecil bisa dilakukan dengan jarak antara 3 sampai 4 meter.

Lakukan pengkerodongan saat melakukan proses pemasteran agar burung tidak saling melihat. Apalagi jika burung masih muda, karena biasanya anakan burung tidak mau menirukan suara burung yang tidak sejenis. Waktu pemasteran bisa dilakukan setiap saat, hal ini tergantung dari keaktifan burung master. Kecuali jika anda memaster dengan audio mp3 maka bisa dijadwal prosesnya, biasanya sehabis dijemur dan malam hari.

Suksesnya pemasteran tentu tergantung dari kecerdasan burung serta ketelatenan dalam memaster. Jika dilakukan dengan tekun dan terus menerus maka ketika burung sudah memasuki masa mabung pertama akan terlihat hasilnya.

Merawat Blackthroat Sebelum Lomba

Perawatan blackthroat sebelum perlombaan juga harus diperhatikan agar burung siap dari segi fisik maupun mental saat terjun kelapangan, yaitu:
  • Sebelum mengikut sertakan blackthroat ke arena lomba, sebaiknya dipersiapkan kesiapan mental burung. Baca artikel Uji Mental Burung Anda
  • Kerodong blackthroat selama 2 atau 3 hari sebelum perlombaan agar burung mempunyai waktu istirahat yang banyak.
  • Jauhkan dari suara-suara burung sejenis agar blackthroat dapat menyimpan tenaganya dan digunakan pada saat lomba nanti.
  • Jika anda mempunyai sangkar khusus untuk lomba, sebaiknya pindahkan burung sejak 4 hari sebelum perlombaan agar blackthroat dapat beradaptasi pada sangkar barunya.
  • Bawa burung 2 atau 3 jam sebelum perlombaan dimulai agar blackthroat beradaptasi terlebih dahulu dengan lingkungan perlombaan. Untuk menghindari stress pada saat dalam perjalanan, gunakan kerodong berwarna gelap atau hitam.
Mempersiapkan secara dini blackthroat untuk lomba memang lebih baik sejak masih muda atau pada saat baru ditinggal induknya, selain lebih mudah dalam memprosesnya juga burung mempunyai waktu yang panjang untuk mengenali pemiliknya.