Pola Perawatan Cucak Ijo Sebelum Perlombaan

Tingkat birahi yang pas dalam perlombaan menjadi salah satu faktor yang menentukan bagi burung seperti Cucak Ijo. Jika burung kurang dalam tingkat birahi bisa mengakibatkan kurang agresif bahkan loyo dalam bertarung, tetapi jika terlalu berlebihan maka burung akan bertindak yang tak terkontrol. Oleh sebab itu jika burung anda akan di ikut sertakan dalam perlombaan, maka menjadi penting untuk bisa membuat burung anda dalam keadaan birahi yang pas (tidak kurang atau lebih).
- Ciri Burung Over Birahi

cucak-ijo-ngetrok

Untuk membuat Cucak Ijo memiliki tingkat birahi yang pas dalam perlombaan bisa dilakukan dengan memberikan pola perawatan berbeda dengan perawatan harian saat sebelum hari H.

Bagaimana Cara perawatan Cucak Ijo Sebelum Lomba


Pola perawatan sebelum lomba bisa anda lakukan sebagai berikut:
Jam 6 pagi, angin-anginkan cucak ijo diluar rumah.
Jam 7 pagi, mandikan burung dengan cara yang biasa anda lakukan dalam perawatan harian (disemprot atau mandi sendiri dalam cepuk). Setelah selesai beri makan jangkrik 3 ekor serta 1 sendok teh kroto (usahakan yang masih segar), dan berikan juga buah apel yang diolesi dengan madu serta jangan lupa pakan voer harus selalu tersedia. Langkah ini dilakukan sambil burung cucak ijo dijemur.
Penjemuran cukup dilakukan selama 2 hingga 3 jam, atau sekitar pukul 10.30 wib. Setelah dijemur CI di angin-anginkan terlebih dahulu biar hawa panas matahari pada tubuh menurun, baru setelah itu burung dikerodong.

Perawatan sore hari Cucak Ijo yang akan dilombakan

Pada sore hari kembali CI di mandikan, setelah itu burung diberi makan jangkrik dan kroto serta jangan lupa mengganti air minum dan memeriksa tempat voer jangan sampai kosong. Angin-anginkan sebentar kemudian krodong lagi.

Perawatan 3 hari sebelum perlombaan

Pada saat hari ke-3 sebelum perlombaan, perawatan seperti hari sebelumnya hanya perlu penambahan makanan pada jangkrik. Kalau sebelumnya Cuma 3 ekor pada pagi dan sore, sekarang menjadi 7 hingga 10 ekor pada pagi hari dan sore.

Perawatan min-1 sebelum hari H

1 hari sebelum memasuki waktu perlombaan, proses penjemuran lebih baik dikurangi, cukup 1 sampai 1.5 jam saja agar energy burung tidak terlalu banyak yang dikeluarkan.
Pada saat hari H janganlah memandikan burung saat akan mulai digantangkan karena akan membuat birahi burung menjadi kendor atau tidak stabil. Beri EF ulat hongkong untuk saat di area perlombaan dan buka kerodong sambil di gantang ditempat terbuka agar burung menyesuaikan kondisi lapangan arena.

Itulah tips pola perawatan cucak ijo sebelum perlombaan, tips ini tidak menjamin keberhasilannya pada burung anda karena faktor mental, usia dan intensitas lomba siburung berbeda-beda. Makanya penting sekali untuk mengetahui ciri anakan cucak ijo yang bagus (baca tips Memilih Bakalan Cucak Ijo Bermental Juara). Tetapi tidak ada salahnya jika anda mencoba tips diatas.