Kenali Beberapa Penyebab Infeksi Mata Pada Kakaktua

Hewan peliharaan sangat rentan terhadap berbagai infeksi bakteri dan virus, begitu juga dengan jenis burung yang pintar menirukan suara manusia "kakaktua". Ada beberapa penyakit pada burung yang dapat menyebabkan infeksi pada mata dan jika tidak segera di obati akan berakibat terjadinya kebutaan.

jenis-infeksi-mata-burung-kakaktua

Penyebab Infeksi Mata Yang Umum Terjadi Pada Kakaktua


Sebagai pemelihara ada baiknya untuk mengenali beberapa penyebab terjadinya infeksi pada mata kakaktua agar bisa sesegera mungkin melakukan pencegahan maupun pengobatan (baca artikel 9 Tanda Burung Yang Sedang Sakit). Berikut beberapa jenis penyakit yang dapat menimbulkan terjadinya infeksi pada mata burung kakaktua:

#1. Mycobacteriosis

Penyakit ini juga dikenal dengan TBC burung. Gejala utama burung terkena mycobacteriosis adalah adanya penurunan berat badan dan mengalami diare, kakaktua yang terinfeksi penyakit ini kemungkinan bakteri akan menyerang mata, serta bagian tubuh yang lainnya. Jika kakaktua terjangkit mycobacteriosis biasanya sulit untuk diobati.

Karena mycobacteriosis merupakan jenis bakteri zoonosis (jenis infeksi yang dapat ditularkan oleh hewan ke manusia, maupun sebaliknya) maka jika ingin menangani burung yang sudah terjangkiti sebaiknya menggunakan sarung tangan karet.

#2. Psittacosis

Jenis penyakit ini juga biasa disebut dengan chlamydiosis atau demam pada burung kakaktua. Psittacosis akan mengakibatkan keluarnya cairan dari hidung serta mata, selain itu tanda-tanda dari terjangkitnya penyakit ini adalah burung akan sulit dalam bernapas, depresi atau stress, nafsu makan berkurang, dan jarang berbunyi atau macet bunyi. Pisahkan burung kakaktua yang terkena psittacosis dengan burung lainnya agar tidak menular.

#3. Salmonellosis

Suatu infeksi oleh beberapa jenis bakteri salmonella, infeksi ini terutama akan mempengaruhi usus. Kakaktua yang terkena infeksi ini juga kemungkinan dapat mempengaruhi kelopak mata yang bengkak atau konjungtivis. Yang lebih fatal adalah akan menimbulkan peradangan pada selaput kelopak mata.

#4. Kekurangan Vitamin A

Kakaktua yang kurang asupan vitamin A dapat mengakibatkan pembengkakkan pada mata. Kurangnya Vit. A juga akan berpengaruh pada pernafasan yang tidak baik, diare, bengkak disekitar mulut, hilang nafsu makan, stress, dan selalu mengangguk-anggukkan ekor.  Agar tidak kekurangan Vitamin A, berikan sayur dan buah yang banyak mengandung Vit.A.

Itulah beberapa jenis penyebab terjadinya infeksi mata pada burung kakaktua yang kami kutip dari laman pets.thenest.com, semoga bermanfaat bagi anda yang memelihara burung kakaktua. Segera bawa ke dokter hewan jika burung peliharaan anda mengalami berbagai gejala diatas.