5 Hal Penyebab Ekor Murai Batu Tidak Panjang

Ekor panjang menjadi salah satu daya tarik dari murai batu, namun apa jadinya jika ekor MB berubah menjadi pendek? Kejadian seperti ini sering dialami para pemelihara murai, burung yang baru selesai mabung ekornya tidak panjang lagi.

penyebab-ekor-murai-tidak-panjang_336554

Penyebab Ekor Murai Tidak Panjang

Saat mabung pada murai seharusnya akan menambah panjang ekor “Maksimal sampai pada mabung ke-4”, namun banyak terjadi kasus yang justru sebaliknya “ekor menjadi pendek”. Ada beberapa faktor yang menyebabkan ekor murai tidak panjang setelah mabung, diantarnya adalah karena 5 hal ini:

#1. Pakan Tidak Tepat

Burung memerlukan asupan nutrisi yang baik untuk kesehatannya. Makanan yang mengandung nutrisi dapat membantu proses pertumbuhan bulu terutama ekor. Jika kita memberikan pakan yang kandungan gizinya tidak baik sebelum proses mabung, maka akan berakibat ekor murai batu jadi bertambah pendek serta tipis. (Baca artikel Pentingnya Vitamin Bagi Murai).

#2. Suhu Udara Terlalu Panas

Suhu udara yang terlalu panas juga dapat mempengaruhi pendeknya ekor murai karena zat lilin yang berada pada pangkal bulu ekor menjadi kering dan keras. Maka sangat disarankan agar jangan menjemur burung pada saat matahari terik atau langsung berhadapan dengan sinar matahari secara langsung.

#3. Dicabut Secara Paksa

Pencabutan bulu dengan cara paksa pada ekor dapat mengakibatkan pertumbuhan bulu ekor tidak sama panjang ukurannya. Hal ini seringkali dilakukan oleh pemelihara yang tidak sabar menunggu burung pada saat mabung.

#4. Murai Kondisi Stress

Stress pada burung juga bisa membuat ekor murai tidak panjang pasca mabung. Kondisi stress ini biasanya sering terjadi pada murai yang baru pertama kali mengalami mabung dan di rawat oleh pemelihara yang juga baru memelihara MB. Karena adanya rasa penasaran, seringkali pemelihara sering membuka sangkar yang dikerodong. Akibatnya burung tidak tenang dan nyaman sehingga membuat stress.

#5. Di Adu Sebelum Proses Mabung Selesai

Tipe fight burung murai batu akan tumbuh saat mendengar suara MB lainnya sehingga akan sering memainkan bulu ekornya. Jika kondisi tumbuh bulu ekor belum sempurna dan sering memainkan ekor saat mendengar kicau murai lain maka akan menghambat pertumbuhan bulu, bahkan bisa menutup pertumbuhan dan akhirnya bulu ekor murai tidak panjang. (Lihat artikel Mengenal Sifat Dan Karakter Murai Batu)

Itulah 5 hal yang dapat membuat ekor murai batu tidak panjang. Hal yang penting dalam merawat burung murai yang sedang mabung selain memberikan pakan yang kaya nutrisi juga menjaga ketenangan MB. Sumber referensi artikel kicaumania.