Pentingnya Vitamin Bagi Murai Batu

Burung Murai Batu saat berada di habitat aslinya akan memakan makanan sesuai selera dan tentunya bervariasi serta banyak mengandung vitamin pada setiap harinya. Saat kita memelihara burung mungkin makanan yang disediakan hanya itu-itu saja, oleh karena itu banyak murai yang dipelihara sering tidak fit baik tubuh maupun mentalnya. (Baca artikel Tips Menjaga Kualitas Murai)

vitamin-penting-untuk-murai

Kondisi burung yang sering lesu atau jarang mengeluarkan suara bisa jadi karena asupan vitamin yang kurang. Ada beberapa vitamin yang dibutuhkan untuk burung murai agar kondisinya selalu fit dan gacor setiap hari:

Vitamin B Kompleks untuk Murai Batu

Kandungan-kandungan dari Vit. B Kompleks ternyata sangat baik untuk kesehatan burung murai, berikut kegunaan/fungsi kandungan yang terdapat pada vitamin ini.
Vitamin-B1 berguna untuk jantung, system saraf, otot, serta dapat membantu mengolah karbohidrat menjadi energi bagi Murai.

Vitamin-B2 akan mengolah karbohidrat jadi energy untuk memproduksi sel darah merah. Vit B2 juga penting untuk penglihatan burung.

Vitamin-B6 akan membantu prosesnya protein yang dikonsumsi burung agar mudah diserap tubuh. Selain itu juga untuk membantu produksi sel darah merah pada murai.

Vitamin-B9 berguna untuk proses produksi sel darah merah serta DNA (Deoxyribonucleic acid) atau asam Deoxyribonucleic.

Vitamin-B12 dapat membuat nafsu makan murai jadi bertambah, serta berguna untuk sistem saraf burung agar dapat bekerja dengan baik.

Kandungan dari Vitamin B Kompleks tersebut terbukti sangat penting untuk memperlancar peredaran darah di tubuh, otak, dan untuk memelihara system saraf burung murai. Jika anda membeli Vitamin B Kompleks sebaiknya juga yang terdapat kandungan Biotin (Vitamin B7 atau juga dikenal dengan Vitamin H), biotin sangat baik bagi pertumbuhan bulu ekor.

Vitamin B Kompleks juga ampuh untuk meminimalisir stress pada burung, sehingga sangat baik untuk burung yang sedang mengalami macet bunyi akibat stress/mental down (Baca artikel juga artikel Mengatasi Cucak Ijo Macet Bunyi). Kelebihan lain dari Vit. B Kompleks adalah dapat mengobati burung yang lesu, kurang nafsu makan, kejang-kejang, serta kelumpuhan pada burung.

Vitamin lain yang juga penting bagi murai adalah Vitamin E. Kegunaan atau fungsi Vit. E yaitu untuk mengkilapkan bulu-bulu serta meningkatkan birahi. Vitamin ini sangat baik diberikan jika burung dalam kondisi mabung. Perlu diperhatikan juga dalam pemberiannya, jangan terlalu banyak karena bisa mengakibatkan burung mabung tidak pada waktunya.

Itulah beberapa point penting dalam pemberian Vitamin bagi burung murai guna menjaga tubuh selalu berkondisi prima serta dapat berkicau setiap hari.
referensi artikel forum kicaumania