Merias Kualitas Suara Pleci

Saat membeli pleci ada hal-hal yang perlu dilakukan agar burung peliharaan yang sudah kita punya dapat tampil menarik baik bentuk maupun suara kicauannya. Perawatan yang baik dan benar tentu akan membuat burung menjadi sehat, senang, dan tentunya akan rajin berkicau setiap hari.

suara-pleci-di-alam-bebas

Saat pleci rajin mengeluarkan suara (berkicau) tentunya akan membuat kita merasa bangga, karena tujuan utama membeli burung berkicau tentunya ingin mendengar nyanyiannya. Untuk memperoleh apa yang kita inginkan pada burung peliharaan ada beberapa hal yang wajib kita lakukan, yaitu merawatnya dengan kasih sayang.

Memperbaiki Kualitas Suara Pleci


Banyak pemelihara pleci yang kecewa karena burung peliharaannya tidak rajin berkicau, bahkan cuma loncat-loncat saja dalam kandang tanpa pernah mengeluarkan suara. Kondisi seperti ini tentunya akan membuat tentunya akan membuat jenuh pemeliharanya karena tujuan utama seperti yang dikatakan diatas tidak tercapai.

Ada beberapa penyebab kenapa burung pleci tidak mau berkicau, antara lain adalah:

#1. Kondisi fisik burung tidak baik

Kondisi fisik/tubuh burung yang tidak baik sangat berpengaruh pada suara pleci. Sama halnya dengan manusia, jika kondisi fisik tidak baik maka akan mengurangi keaktifan dan cenderung berdiam diri, oleh karena itu prioritas utama agar pleci rajin berkicau adalah memperbaiki kondisi fisik burung tersebut.

burung-pleci-di-kebun

Memperbaiki kondisi tubuh pleci bisa dilakukan dengan member makanan alami serta makanan tambahan, seperti EF sedikit lebih banyak dari yang dilakukan sebelumnya. Pemberian madu juga sangat baik bagi kesehatan pleci, madu bisa anda campurkan dengan voer atau dioleskan ke buah pisang.

Selain pemberian makanan, factor yang penting lainnya adalah memandikan burung. Mandi bagi burung selain untuk membersihkan tubuh dan bulu juga mampu meredakan stress. Lakukanlah pemandian sesering mungkin minimal 2 atau 3 kali dalam sehari.

#2. Pengembunan burung Pleci

Proses pengembunan yaitu menempatkan pleci diluar rumah. Lakukan pengembunan pada pagi hari sekitar pukul 5.30 hingga matahari terbit. Proses ini bisa anda terapkan pada pleci yang masih anakan/bakalan ataupun yang sudah rajin berkicau.

#3. Pertemukan sesama jenis

Mempertemukan pleci dengan burung sejenis, baik jantan maupun betina agar setelah dipisahkan bisa saling bersahutan. Cara ini juga bertujuan guna merangsangnya agar rajin berkicau seperti pada saat pleci dialam bebas yang saling bersahut-sahutan dalam bersuara.

#4. Dengarkan suara air

Mendengarkan dengan suara air bertujuan agar pleci merasa seperti dihabitat aslinya. Cara ini bisa anda lakukan dengan menempatkan sangkar dekat kolam, akuarium, atau kamar mandi agar burung dapat mendengar gemricik suara air. Atau juga dapat memperdengarkan melalui suara gemercik air dalam format audio mp3.

#5. Memperdengarkan dengan burung yang bersuara sejenis

Membuat pleci agar rajin berkicau bisa dilakukan dengan mendekatkan atau memperdengarkan nada suara burung yang sejenis. Akan lebih baik jika memperdengarkan suara pleci, namun jika tidak ada bisa diperdengarkan dengan burung lainnya yang memiliki nada suara mirip, seperti mozambiq, kenari, pare-pare, blackthroat, dan lain-lain.  (baca artikel Suara Master Untuk Pleci)

Memiliki pleci dengan kualitas suara yang bagus tentu akan membuat pemeliharanya merasa bangga, apalagi jika di ikut sertakan dalam perlombaan menjadi juara. Oleh sebab itu lakukan perawatan dengan baik agar burung juga akan memberikan feedback yang baik juga, yaitu rajin berkicau. *referensi artikel: fp burung pleci.
Tag : Perawatan, Pleci