Tips Mendongkrak Pleci Agar Bersuara Keras

Mempunyai burung pleci yang sudah bisa ngalas dan ngeroll akan tetapi tidak memiliki volume suara yang keras sepertinya kurang memuaskan para pemelihara burung jenis ini, apalagi kalau peliharaanya ingin di ikut sertakan dalam arena perlombaan maka dituntut untuk dapat bersuara keras dan lantang.

perawatan-pleci-agar-bersuara-keras

Ada berberapa faktor yang mempengaruhi pleci tidak bersuara dengan keras, antara lain karena burung tersebut bukan berjenis kelamin jantan (baca artikel Cara Menentukan Jantan Betina Burung Pleci), factor keturunan, serta perawatan yang kurang maksimal.

Tips mendongkrak pleci agar bersuara keras berikut ini mungkin bisa anda lakukan dalam perawatan harian burung anda:

Metode Perawatan Pleci Agar Bersuara Keras


Penjemuran

Penjemuran yang baik bagi kesehatan tubuh adalah pada waktu pagi hari, sinar matahari pagi akan sangat baik bagi fisik burung dan tulang. Seandainya anda memiliki burung pleci lebih dari satu, maka sebaiknya proses penjemuran dilakukan saling berdekatan agar mereka bisa saling bersahut-sahutan dan mampu mengeluarkan suara dengan maksimal diantara burung.

Pelatihan Fisik

Top performance burung terjadi pada saat kondisi tubuh dalam keadaan fit, jika tubuh dalam keadaan prima maka mereka akan riang dalam berkicau dengan suara yang maksimal. Cara untuk melatih fisik pleci bisa dilakukan dengan memberi tangkringan/tenggeran dalam sangkar lebih banyak dan berjarak berjauhan, cara ini bertujuan agar pleci menjadi banyak bergerak sehingga otot dan sayap akan lebih kuat. Selain itu fungsi tangkringan yang berjauhan akan melatih nafas burung menjadi panjang dan dapat menekan kantong udara yang bisa membuat suara pleci menjadi lebih keras.

Pemberian Makanan

Untuk memiliki pleci yang bagus maka anda harus berikan makanan yang berkualitas, pakan yang baik adalah yang mengandung nutrisi komplit diantaranya mineral, karbihidrat dan kandungan vitamin. Anda juga harus memberikan multivitamin secara rutin serta Extra Fooding (EF) seperti jangkrik, kroto, dan UH.

Pemasteran Burung Pleci

Lakukan pemasteran burung pleci anda agar mampu bersuara keras, pemasteran bisa dilakukan dengan audio mp3 agar burung mengasah kemampuannya dalam berkicau. Pemasteran juga akan memancing pleci untuk berkicau, maka secara otomatis pita suara burung akan lebih kuat dan suara pleci akan maksimal. Untuk mendapatkan mp3 suara master anda bisa baca artikel Suara Master Untuk Burung Pleci.

Pengobatan Pleci

Burung pleci yang tidak mampu mengeluarkan suara yang maksimal juga bisa disebabkan karena sedang terkena infeksi / peradangan di tenggorokan atau adanya dahak yang menggumpal. Jika hal ini terjadi pada burung pleci anda maka segeralah diberikan pengobatan, anda dapat membeli obat khusus untuk menyembuhkannya di toko penjual burung. Sedangkan untuk mengobati dahak pada burung bisa dilakukan dengan menjemur burung setiap pagi.

Itulah beberapa tips mendongkrak pleci agar bersuara keras yang bisa anda coba terapkan dalam perawatan harian burung yang identik dengan kacamatanya.
Tag : Perawatan, Pleci, Tips