Mencegah Kematian Burung Akibat Kaca Bening

Kalau dilihat secara sekilas bening kaca di tempat-tempat perbelanjaan memang seperti tidak ada kaca pembatas, maka banyak kejadian orang-orang yang menabraknya. Peristiwa nabrak kaca yang bening juga sering terjadi pada burung dan mengakibatkan luka hingga berujung pada kematian. (Baca juga artikel 3 Hewan Ini Bisa Mengakibatkan Kematian Pada Burung)

burung-nabrak-kaca
Photo Deborah Allen - nwf.org
Kematian burung akibat menabrak jendela yang menggunakan kaca bening mencapai 600 juta burung pertahun di Amerika serta Kanada. Terbunuhnya burung akibat menabrak jendela kaca bahkan lebih banyak daripada kematian akibat pestisida maupun tumpahan minyak. Menurut Daniel Klem Jr. seorang ahli burung dari Muhlenberg College, Allentown, Pennsylvania mengungkapkan bahwa jumlah kematian burung akibat tabrak kaca meningkat disaat migrasi pada musim semi dan musim gugur.

Bagaimana Burung Bisa Menabrak Kaca?


refleksi-kaca-jendela

Kecelakaan tabrakan burung dengan kaca yang bening akibat dari melihat refleksi gambar alam sekitar pada kaca jendela, seperti pohon, langit, awan yang tergambar pada kaca, selain itu juga karena melihat tanaman dalam pot yang berada diruangan. Pada malam hari kecelakaan burung yang menabrak kaca biasanya terjadi pada bangunan/gedung tinggi, jendela kaca pada gedung yang tinggi pada saat malam hari akan merefleksikan lampu-lampu sekitar. Lampu yang menyala seperti bintang akan membuat burung terbang seperti di alam bebas tanpa mengetahui kalau itu hanya sebuah refleksi dari cahaya sekitar gedung terutama pada saat kondisi berkabut.

Solusi Pencegahan Agar Burung Tidak Menabrak Kaca


Mencegah terjadinya kecelakaan burung karena menabrak kaca jendela dapat kita minimalisir dengan memberikan aksesoris pada jendela seperti menempelkan gambar siluet burung predator misalnya elang, menggantung pita atau kertas yang mengkilat dibalik jendela atau diluar jendela (jika pita tertiup angin maka dapat mencegah burung untuk mendekat), menambahkan jaring rapat serta berbahan lentur diluar jendela, atau menutup kaca jendela dengan film transparan (dimana saat orang yang berada didalam dapat melihat keluar dengan jelas namun akan terlihat buram jika dilihat dari luar).

Memperkecil adanya kematian burung akibat menabrak kaca jendela merupakan tanggung jawab kita bersama agar kelestarian alam tetap terjaga dan kita tetap dapat menikmati merdunya kicau burung tiap hari.
Referensi artikel: National Geographic, allaboutbirds.org serta berbagai sumber