Menambah Volume Ciblek Agar Kristal

Ciblek, burung kecil bertipe fighter ini banyak sekali penggemarnya. Kicau ciblek yang keras juga sering digunakan sebagai pemaster suara burung-burung lainnya. Harga bahan/bakalan burung jenis ini memang relative murah namun kualitasnya tidak murahan, bahkan kalau sudah jadi harganya bisa mencapai jutaan seperti yang memiliki volume suara kristal atau tembus.

menambah-volume-ciblek-agar-kristal

Cara Optimalkan Volume Suara Kristal Pada Ciblek


Suara kristal / tembus pada burung ciblek bisa didapatkan melalui pola perawatan yang maksimal dan konsisten. Berikut ada tips dari Danomez Putrabatarakarang Siapnuntunpati yang kami kutip dari fanspage CMJB, cara perawatan ini bisa diterapkan pada burung ciblek anda agar bisa memiliki volume yang Kristal.
  • Pada pagi hari jam 04.00 WIB, burung ciblek diembunkan hingga jam 07.00 WIB.
  • Kemudian jam 07.00, ambil tempat voer dilanjutkan dengan memandikan burung dan diangin-anginkan selama 30 menit.
  • Setelah dianginkan yaitu sekitar jam 7.30, burung dijemur sampai jam 09.00 (saat penjemuran voer jangan dimasukan kandang, cukup air minum saja).
  • Pukul 09.00 burung dianginkan selama 30 menit sambil diberi EF (extra fooding), kemudian dijemur lagi hingga pukul 11.00.
  • Pada jam 11.00 burung dikasih voer dan air larutan penyegar (tanpa rasa).
  • Kemudian pada jam 11.30, ambil air larutan sama voer (biarkan kandang kosong dari makanan dan minuman) kemudian dijemur hingga jam 15.30. Setelah itu burung dianginkan selama 30 menit dan beri kembali EF, kemudian dikerodong.
Lakukan perawatan tersebut secara rutin selama 2 minggu, dan hasilnya Insya Allah volume ciblek bisa naik, kasar, nafas menjadi panjang, dan tentunya suara Kristal akan jadi lebih keluar. Semoga tips perawatan diatas bisa membuat burung peliharaan anda lebih mantap dalam berkicau. (baca juga tips Membuat Ciblek Gacor Setelah Macet Bunyi)