Makanan Bergizi Bagi Murai Batu

Menjaga kualitas kesehatan tubuh murai batu sangatlah penting agar burung tetap dalam kondisi prima dan tentunya agar dapat berkicau setiap saat, karena kondisi kesehatan burung berpengaruh besar terhadap kicauan. Memberikan makanan yang mengandung nutrisi/gizi yang baik menjadi suatu kewajiban bagi pemelihara jika ingin peliharaannya rajin bersuara/gacor.

pakan-bergizi-untuk-murai

Pakan bergizi yang baik juga dapat mencegah burung dari berbagai penyakit dan membuat pertumbuhan tubuh maupun mental berjalan dengan normal. Banyak asupan atau makanan yang diperlukan dalam perawatan murai batu guna menjaga kesehatan tubuhnya, seperti yang dibahas pada artikel Pentingnya Vitamin Bagi Murai.

Pentingnya Makanan Tambahan Bagi Murai


Selain voer sebagai pakan wajib bagi murai, kita juga harus memberikan makanan tambahan atau biasa disebut dengan EF (extra fooding). Pemberian EF ini sangat penting untuk menjaga kesehatan murai agar tetap terjaga, karena EF banyak mengandung protein serta vitamin yang sangat berguna bagi burung. Banyak macam EF yang baik bagi burung, seperti jangkrik, cacing, kroto, ulat hongkong, ulat kandang, ulat bambu, sayur dan buah. Namun pemberian EF ini juga tidak boleh berlebihan, karena akan berdampak buruk bagi burung.

EF yang bagus selain jenis diatas adalah Kuning Telur Ayam Kampung. Selain berguna bagi kesehatan manusia, kuning telur ayam kampung juga dapat diberikan pada murai batu.  Kandungan gizi pada kuning telur ayam kampung cukup banyak, seperti air, protein lemak, karbohidrat, lemak, mineral dan vitamin. Kandungan-kandungan gizi tersebut sangat dibutuhkan bagi kesehatan burung murai, maka berikanlah kuning telur ayam kampung sebagai makanan tambahan MB anda.

Cara pemberiannya adalah dengan merebus telur ayam kampung sampai matang (murai tidak suka telur setengah matang). Murai akan sangat lahap menyantap kuning telur, karena burung MB suka dengan bau amis. Proses pemberian EF ini cukup 1 kali dalam seminggu.

Selalu jaga kondisi burung murai peliharaan anda dengan memberikan makanan sehat dengan kandungan nutrisi yang cukup agar selalu fit setiap hari, tidak mudah stress, kebal dari berbagai penyakit, dan rajin berkicau.