Kenapa Memilhara Burung, Ini Dia Alasannya!

Memiliki hewan peliharaan burung berkicau dirumah memang sangat menyenangkan. Selain memiliki warna yang indah, suara merdu kicau burung juga diyakini mampu menenangkan pikiran yang sedang stress.

pelihara-burung-dirumah

Banyak alasan kenapa harus memelihara burung berkicau dirumah, berikut beberapa alasannya yang kami kutip dari berbagai sumber,  kenapa memelihara burung patut untuk menjadi pertimbangan bagi anda yang sedang berkeinginan mempunyai hewan peliharaan yang menarik.

#1 Burung sangat menyenangkan
Ada yang bilang kalau burung merupakan binatang yang kotor dan sangat menjengkelkan. Pandangan tersebut adalah salah, burung adalah hewan peliharaan yang sempurna bagi mereka yang tidak berkeinginan memelihara anjing maupun kucing. Apalagi jika dalam keseharian selalu sibuk dengan urusan pekerjaan, maka burunglah hewan peliharaan yang paling tepat bagi orang-orang super sibuk.

#2 Burung hewan peliharaan yang murah
Kita tidak sedang berbicara harga burung, karena harga burung itu juga ada yang mahal. Tetapi yang dibilang murah disini adalah dari segi makanan. Burung dalam sehari hanya sedikit memerlukan makanan dan minuman untuk kelangsungan hidupnya. Mungkin burung juga perlu tambahan makanan untuk diet yang berkualitas tinggi, akan tetapi anda dapat menyisihkan sedikit buah-buahan serta sayuran dari dapur anda guna melengkapi makanan diet burung. Tetapi ingat jangan memberikan burung buah apel, bawang, cokelat, dan jamur. Makanan-makanan tersebut sangat beracun bagi burung.

#3 Hewan yang cerdas
Salah satu binatang yang memiliki kecerdasan yang baik adalah burung. Hewan ini bisa juga meniru tindakkan manusia, sebagai contoh adalah dapat diberikan pelajaran untuk melakukan apa yang anda inginkan (Untuk melakukan ini diperlukan pelatihan terhadap burung, seperti artikel Cara Menjinakkan Kenari).

#4 Mudah dalam perawatan
Burung tidak memerlukan perhatian yang lebih dari anda. Yang terpenting adalah membersihkan kandang burung dan memberikan makanan serta minuman, untuk memandikan anda bisa menaruh tempat air khusus untuk mandi didalam kandang.

#5 Tidak perlu tempat yang luas
Untuk memelihara burung tidak diperlukan tempat yang luas, hanya beberapa meter dari ruangan anda untuk menempatkan atau menyantelkan kandang/sangkar.

#6 Kicauan merdu sang burung
Menariknya, suara burung jika sedang berkicau bisa untuk menemani anda yang sedang stress atau membutuhkan suasana yang tenang.

Oleh karena itu, jika anda ingin memiliki hewan peliharaan yang murah, mudah perawatannya, serta dapat menghibur diri anda sebaiknya jadikan burung sebagai binatang kesayangan anda dirumah.