3 Cara Menjinakkan Burung Kacer Yang Giras

Burung kacer jika terlalu giras biasanya berbunyi kalau disekitarnya dalam keadaan sepi, namun jika ada aktifitas manusia disekitarnya maka burung akan diam tidak mau berkicau. Burung yang giras biasanya adalah dari hasil tangkapan hutan. Untuk mengatasi kegirasan burung kacer tangkapan hutan agar menjadi jinak perlu di latih melalui perawatan dan tentunya kesabaran.

menjinakkan-kacer-giras

Cara Agar Kacer Tidak Terlalu Giras


Banyak macam cara untuk menjinakkan burung kacer yang dilakukan oleh para pemelihara burung. Berikut ini ada beberapa tips penjinakkannya yang kami peroleh dari berbagai pengalaman para penghobi burung kacer.

Tips Penjinakkan Kacer Versi 1

Pagi hari, buka kerodong sangkar kacer dengan perlahan dan ambil tempat makan dan minum. Biarkan sangkar berada di tanah dalam beberapa menit agar terbiasa dengan lalu lalang manusia (*burung harus selalu diawasi), setelah beberapa menit baru di anginkan agar burung tenang kembali.

Beri makan EF jangkrik langsung melalui tangan kita, untuk melakukan ini perlu kesabaran karena burung belum terbiasa memakan langsung dari tangan manusia jadi perlu disiasati dengan cara jangkrik di tusuk pakai lidi.

Sangkar dikerodong dengan kain tipis dan gantang ditempat yang sering dilalui orang agar burung terbiasa dan tidak takut sama manusia. Jika kacer sudah mulai tenang dengan kondisi sekitar maka kerodong lebih baik dibuka.

Saat burung istirahat sebaiknya sangkar jangan di taruh pada tempat gelap, karena bisa mengembalikan memori pada alam hutan. Taruh kacer ditempat yang terang tetapi suasananya tenang.

Tips Penjinakkan Kacer Versi 2

Tips ini tergolong unik, tetapi tips ini dipercaya ampuh untuk menjinakkan burung yang giras, cara ini juga sudah sering dilakukan oleh orang-orang guna menjinakkan burung merpati. Cara melakukannya adalah dengan memberi air liur kita pada burung secara langsung (seperti meloloh). Cara ini dilakukan agar burung lebih cepat mengenali pemiliknya, namun perlu diperhatikan juga sebelum anda memberi air liur makanan atau minuman apa yang baru anda konsumsi (bukan yang mengandung alkohol).

Tips Penjinakkan Kacer Versi 3

Cara penjinakkan ini juga tergolong unik, yaitu memandikan burung kacer dengan air perasan daun pare atau paria. Untuk melakukan cara ini ada yang perlu diperhatikan, yaitu saat memandikan burung jangan sampai air perasan pare ikut terminum oleh burung, mungkin lebih amannya dalam memandikan dengan cara dipegang atau disemprot.

Itulah beberapa versi cara menjinakkan burung kacer yang giras. Tips-tips diatas tidak menjamin akan keberhasilan pada burung peliharaan anda, karena faktor mental burung juga sangat mempengaruhi dalam proses penjinakkan. Baca juga Tips Menjinakkan Burung Kenari
Tag : Kacer, Perawatan, Tips