Tips Sukses Melatih Burung Lovebird

SuaraBurungs.Com, Lovebird burung pintar yang bisa diajak bermain dengan pemiliknya (Lihat Video Lovebird Cerdas diakhir artikel). Burung pemakan biji-bijian ini memiliki ragam jenis, Baca 9 Ragam Jenis Lovebird. Lalu bagaimana cara melatih lovebird? Ada tahap-tahap yang perlu dilakukan jika ingin melatih burung paruh bengkok ini.

melatih-lovebird-500231
foto wildcanyon.com.mx

Mendapat Kepercayaan Lovebird

Meraih kepercayaan dari lovebird anda adalah awal dari pelatihan. Hal ini sangat diperlukan jika lovebird belum pernah ditangani oleh siapapun. Perilaku yang sering dilakukan burung lovebird adalah mengigit, namun perilaku ini harus sedikit demi sedikit dihilangkan. Memang untuk menghilangkan perilaku ini membutuhkan waktu dan kesabaran. Proses ini harus dilakukan perlahan-lahan.

Untuk memulai tahapan ini, anda dapat menyentuh lovebird dengan benda kecil seperti pensil atau tongkat kecil. Jika burung mampu melakukan tanpa gigitan, maka burung harus dipuji. Setiap kali burung melakukan respon yang positif saat anda menyentuh lovebird dengan pensil, maka langkah selanjutnya adalah menyentuh dengan jari anda sendiri. Burung itu akan perlahan-lahan mulai mempercayai anda. Memperoleh kepercayaan lovebird merupakan hal penting, seperti yang sudah kita bahas sebelumnya. Setelah hal-hal tersebut dilakukan dan berhasil maka langkah selanjutnya akan lebih mudah dalam memberikan pelatihan pada burung lovebird.

Beri Penghargaan pada Lovebird Anda

Setelah mendapat kepercayaan maka anda dapat melakukan langkah selanjutnya dengan memberi keterampilan baru pada Lovebird seperti Menghentikan suara burung yang tidak dinginkan, mendatangi anda ketika dipanggil, menirukan suara yang diajarkan pada anda, dan lain-lain. Setiap kali lovebird mematuhi perintah anda, maka burung perlu diberi penghargaan dengan memberikan makanan dan minuman favoritnya.

Kunci dalam melatih lovebird adalah memberi kekuatan positif burung. Anda harus menyiapkan makanan kesukaan burung yang cukup ditangan. Kacang-kacangan, millets, biji bunga matahari adalah makanan yang disukai burung lovebird. Harus diperlakukan dengan baik saat burung menanggapi pelatihan yang anda berikan.

Berikan Pelatihan Lovebird Secara Bertahap

Lovebird merupakan burung kecil, oleh karena itu janganlah memberikan pelatihan yang berlebihan dalam sekali waktu. Lakukan secara bertahap satu demi satu keahlian yang akan anda berikan. Dalam memberikan pelatihan harus dilakukan sampai burung benar-benar sempurna dalam memahami, baru kemudian anda dapat memberikan latihan yang baru. Jika anda memberikan trik yang banyak pada sekali waktu, maka akan membuat bingung lovebird dan bisa jadi burung enggan melakukan perintah anda, maka cara ini harus anda hindari dalam memberi pelatihan lovebird.

Video Training Lovebird by theFoxCrit