Tips Mempercantik Suara Lovebird

Mempunyai Lovebird yang dapat ngekek panjang merupakan idaman para pemiliknya, burung paruh bengkok yang satu ini selain cerdas juga mempunyai suara yang terkenal dengan istilah ngekek.

Sebenarnya setiap burung mempunyai suara alami/dasar sendiri-sendiri, akan tetapi banyak pemelihara burung yang tidak puas dengan suara aslinya, seperti ingin mempercantik suara lovebird. Maka mereka melakukan berbagai teknik agar burung peliharaannya bisa memiliki suara cantik yang di inginkan, salah satunya adalah dengan teknik-teknik berikut ini:

lovebird-cantik

Melatih Nafas Lovebird

Sama halnya dengan manusia, jika ingin memiliki suara yang panjang maka diperlukan latihan pernafasan. Latihan pernafasan pada burung lovebird dapat dilakukan dengan cara menaruh lovebird dalam sangkar/kandang umbaran, cara ini akan membuat burung lebih leluasa dalam bergerak yang pada akhirnya mampu membuat nafas menjadi lebih panjang dalam sekali tarikan. Kandang umbaran juga dapat membakar lemak dalam tubuh burung karena keaktifannya menjadi meningkat.

Memperpanjang nafas burung juga dapat dilakukan dengan memandikannya sampai basah kuyup dan proses penjemuran lebih diperpanjang.

Melatih Suara Lovebird

Burung lovebird terkenal akan kecerdasannya dalam menirukan suara dan mampu menuruti perintah orang. Burung yang akan di ikut sertakan dalam perlombaan seringkali dituntut untuk memiliki kemampuan suara yang bagus dan banyak variasinya agar mampu mencuri perhatian juri, salah satu cara agar lovebird memiliki suara yang bervariasi adalah dengan melakukan pemasteran. (Baca artikel Cara Tepat Memaster Lovebird)

Carilah suara master yang memiliki karakter sesuai dengan lovebird dan bervolume panjang agar lovebird merekam dan menirukannya (Lihat artikel koleksi Suara Lovebird Durasi Panjang Plus Isian). Lakukan pemasteran sesering mungkin agar memori burung cepat merekamnya. Suara-suara yang cocok untuk pemasteran lovebird antara lain adalah lovebird yang memiliki suara ngekek panjang, belalang emas,  dan tengkek. Dari tiga suara ini dapat anda masterkan dengan cara selang seling atau kombinasi agar mendapat hasil yang bagus. Silahkan baca Tips Sukses Melatih Lovebird

Itulah salah satu tips untuk mempercantik suara lovebird agar lebih menarik, tips ini akan berhasil jika dilakukan dengan perawatan yang konsisten dan kesabaran.
Tag : Lovebird, Tips