Tips Memilih dan Merawat Trotolan Anis Merah

Membeli burung Anis Merah yang masih trotol/bakalan memang susah kalau kita tidak jeli dalam memilih baik dari segi kelamin (Baca artikel Cara Membedakan Jantan/Betina Anis Merah Trotol) dan juga faktor katuranggannya.  Selain itu untuk mendapatkan anakan AM yang bagus akan lebih baik jika membelinya dari hasil induk yang sudah teruji di medan laga/arena.

merawat-anis-merah-trotolan_5400021

Membeli anakan dari induk juara memang harganya mahal, akan tetapi hasilnya tidak akan mengecewakan jika dirawat dengan benar. Sekedar saran, janganlah membeli trotolan/anakkan anis merah di pasar burung jika anda belum mengetahui betul ciri-ciri anakan/trotolan yang baik.

Bagaimana Perawatan Anakan Anis Merah Yang Baik

Membentuk karakter Anis Merah akan lebih mudah dari yang masih anakan/trotol, asalkan melalui pola perawatan yang memang benar dan berkesinambungan. Perawatan menjadi kunci sukses pembentukan karakter burung. Berikut tips merawat anakan/trotol Anis Merah:

Membuat Anis Merah Jinak

Burung peliharaan yang baik adalah burung yang jinak/tidak giras, jadi buatlah Anis Merah anda tidak giras dengan menggantungkan sangkar dalam posisi tidak terlalu tinggi dan dekat dengan aktifitas manusia. Semakin sering AM berada disekitar manusia akan membuat burung menjadi terbiasa dengan adanya lalu lalang orang.

Ajari Makanan EF Pada Anis Merah

EF atau Extra Fooding merupakan makanan yang harus segera anda berikan pada AM anakan/trotol. Ajari memakan segala jenis EF seperti cacing, jangkrik, kroto serta buah-buahan. Memperkenalkan EF pada anakan burung memang tidak mudah, harus dibutuhkan kesabaran. Burung Anis Merah yang masih anakan/trotol yang baik harus mau memakan semua jenis EF karena akan lebih mudah untuk membentuk karakter AM nantinya (Baca juga artikel Mengenal Sifat Dan Karakter Murai Batu).

Jika Anis Merah sudah mulai rajin berbunyi ngeriwik maka jangan terlalu banyak memberikan porsi EF, cukup berikan jangkrik 2 ekor tiap harinya. Sedangkan cacing dan kroto bisa diberikan bergantian 1 minggu sekali.

Jika anakan/trotolan AM sudah berumur sekitar 2 bulan (bulu ekor sudah penuh serta sudah memakan voer) mulai perkenalan dengan sinar matahari selama 15 sampai 30 menit pada pagi hari agar daya tahan tubuh menjadi lebih baik. Perkenalkan juga dengan keramba (bak mandi). Jika bulu anis sudah mulai memerah mulailah dilakukan pengerodongan setiap pagi dan sore hari. Lakukanlah trek seminggu sekali dengan burung AM lainnya tetapi yang usianya seumuran.

Itulah tips pola perawatan Anakan atau trotolan burung Anis Merah. Tips ini tidak menjamin 100% kebenaran dan keberhasilan peliharaan burung anda, hanya sekedar berbagi dari berbagai pengalaman para penghobi burung khususnya Anis Merah.