Tips Cara Menjinakkan Kenari


SuaraBurungs.Com, Kenari merupakan burung yang cantik dan indah dalam berkicau, meskipun ukurannya kecil namun burung ini juga dapat dijinakkan. Mempunyai burung yang mau bertengger diatas jari maupun bahu menjadi dambaan para kicau mania, lalu bagaimana cara menjinakkan burung kenari agar bisa diajak kesana kemari tanpa harus dimasukkan dalam sangkar?? Mari kita baca beberapa tips melatih kenari supaya jinak.

cara-menjinakkan-burung-kenari
  1. Melatih burung akan lebih mudah jika umurnya masih kecil/muda, karena kenari yang tua cenderung lebih pemalu maka akan sulit untuk dijinakkan. Menjinakkan burung memang memerlukan waktu dan kesabaran yang lebih, dan anda harus memastikan burung kenari anda jantan. 
  2. Berikan pelajaran penjinakkan dengan mengeluarkan burung dari sangkar beberapa kali dalam sehari, dan harus dilakukan didalam ruangan tertutup atau kamar yang tidak terlalu banyak benda-benda agar kenari tidak bersembunyi. Anda tidak perlu khawatir karena ruangan tertutup, jadi burung tidak akan terbang. 
  3. Jika burung kenari terbiasa dengan manusia maka akan semakin cepat dalam melatihnya. Anda juga bisa melatih burung tahap demi tahap, seperti biarkan kenari pada sangkarnya terlebih dahulu. 
  4. Biarkan burung kenari anda untuk beradaptasi terlebih dahulu. Tahap ini membutuhkan waktu yang cukup, jadi biasakan anda berdiri dekat kandang sekitar 10 menit tiap harinya agar burung kenari mengenali diri anda. 
  5. Tahap selanjutnya adalah singkirkan makanan yang ada dalam sangkar, hal ini dilakukan agar kenari tidak terganggu makanan yang ada dalam sangkar. 
  6. Setelah burung merasa nyaman, dekati dengan tenang dan masukan tangan anda ajaklah kenari untuk naik kejari anda dengan menekan bagian dada kenari dengan lembut. Pembelajaran pada tahap ini bisa memakan waktu kurang lebih 1 bulan. 
  7. Jika burung menggigit jari anda, jangan melakukan gerakan yang menghentak atau anda tetap tenang agar kenari tidak terbang karena takut. 
  8. Setelah burung kenari anda sudah bisa melakukan tahap sebelumnya dan tidak takut, anda dapat melatih mengeluarkannya dari sangkar. Keluarkan kenari disebuah ruangan yang tidak terlalu banyak perabot untuk menghindari burung bersembunyi, jangan lupa tutup jendela dan cermin jika ada. 
  9. Agar burung mau kembali masuk kedalam kandang, anda dapat menyebarkan makanan didepan pintu kandang. 
  10. Jika burung tidak mau masuk, anda dapat memasukan dengan membuat burung bertengger dijari anda (gunakan cara no.6). 
  11. Tahap berikutnya adalah melatih burung agar nyaman bertengger di jari anda. Berikan hadiah jika burung mau melakukan apa yang kamu inginkan saat berada diatas jari dengan memberikan makanan. 
  12. Saat kenari sudah merasa nyaman ditangan anda, maka anda bisa melatihnya untuk bertengger dibahu maupun kepala anda. 
  13. Setelah selesai melakukan latihan, berikan makanan dan minuman karena burung sudah lelah. Latihan cara menjinakkan kenari ini harus dilakukan secara rutin sampai burung senang berada diluar sangkar dan memakan makanan yang ada ditangan anda.
Artikel menarik tentang burung pemakan biji-bijian ini yang mungkin Anda perlukan Tips Memperindah Kicau Kenari, Selamat mencoba latihan menjinakkan burung kenari, Artikel lain tentang tips burung lainnya Membuat Ciblek Jadi Gacor Setelah Macet Bunyi

Article source : http://www.wikihow.com/Train-Your-Canary
Tag : Kenari, Tips, Training