Perawatan Sang Burung Master ‘Cililin’

Cililin dikenal sebagai burung master, suara rapat, kepedasan, serta volume yang keras burung cililin memang bagus untuk memaster burung lainnya (Lihat video cililin dibawah), suara burung cililin bisa dipadukan dengan suara burung lainnya dalam memaster seperti Kompilasi Suara Burung Master. Namun merawat burung cililin itu gampang-gampang susah, karena burung ini mudah mati jika pola perawatannya tidak sesuai.

perawatan-burung-master-cililin

Banyak tips-tips perawatan burung cililin agar dapat bertahan hidup lebih lama dan mampu berkicau dengan gacor tiap hari, salah satunya adalah tips berikut ini:

Jika burung cililin anda sudah mau makan voer, maka jangan terlalu berlebihan dalam pemberian makannya. Seperti burung-burung lainnya jika terlalu kekenyangan maka akan malas berbunnyi.
Berilah makanan EF (Extra Fooding): Jangkrik pada pagi hari 8 sampai 10 ekor dan pada waktu sore hari juga sama jumlah jangkriknya. Pada waktu jam 12 beri kroto 1 sendok makan, jika tidak ada bisa diberi jangkrik 4 ekor.
Jangan jemur burung cililin tiap hari, namun cukup satu minggu 2 atau 3 kali saja. Lama penjemuran cukup 10 sampai 15 menit saja.
Tempatkan Burung Cililin didalam rumah serta jauh dari lalu lalang orang dan jangan dalam posisi dekat angin-angin, karena burung ini sangat peka terhadap hembusan angin.
Periksa tiap kebersihan tempat minum, karena burung cililin yang sudah makan voer akan lahap memakannya dan langsung minum, kondisi seperti ini mengakibatkan air minum cepat keruh.
Saat malam hari periksa tempat voer, jika tinggal sedikit maka perlu diisi lagi agar burung tidak kelaparan.

Tips tambahan: Beri makan Cililin dengan cicak/cecak satu minggu 2 kali


Itulah tips cara Perawatan Burung Cililin supaya rajin bunyi/gacor dan yang paling penting tidak mudah mati. Tips tersebut merupakan pengalaman orang yang sudah lama berkecimpung dalam dunia burung khususnya jenis cililin. Pola perawatan tersebut tidak menjamin akan keberhasilan bagi burung peliharaan anda, artikel ini hanya sekedar untuk berbagi pengalaman.