6 Langkah Perawatan Murai Batu Yang Mencabuti Bulu

Murai Batu salah satu jenis burung  yang memiliki bulu indah serta merdu dalam berkicau, namun bagaimana jika sang murai milik anda sering mencabuti bulu-bulunya. Kejadian seperti ini mungkin sering anda temui, dimana sang burung mencabuti bulunya sendiri. Bagaimana jika hal ini terjadi pada peliharaan anda dan bagaimana cara mengobatinya? Mungkin tips ini bisa menjadi rujukan untuk mengatasi MB anda yang sering  mencabuti bulunya.

mengobati-murai-cabut-bulu

Penyebab Murai Batu Mencabuti Bulu

Burung murai batu yang sering mencabuti bulu dada bisa jadi karena disebabkan oleh hama atau bakteri yang ada pada bulunya. Bakteri ini biasanya selalu menyerang atau menghinggapi pada bagian bawah dada.

Penyebab utama dari keadaan ini adalah karena kebersihan kandang/sangkar burung murai  yang tidak baik, kotor, dan lembab. Sangkar burung yang kotor merupakan alat yang sangat disenangi oleh bakteri, pertumbuhan dan perkembangbiakkan menjadikan burung MB anda terkena imbasnya. Sedangkan sangkar burung yang berudara lembab akan mempermudah pertumbuhan bakteri didalam kandang.

Perawatan Burung Murai Batu Yang Mencabuti Bulu

Pertama, Selalu bersihkan kandang/sangkar setiap hari serta ganti bekas air minum dan sisa makanan.
Kedua, Jemur Murai Batu beserta sangkarnya pada pagi hari, karena sinar ultra violet yang berasal dari matahari dapat mematikan kuman-kuman, jamur, dan bakteri yang ada pada burung serta sangkar.
Ketiga, Jika murai sudah terkena jamur hentikan pemandian terlebih dahulu antar 4 hingga 6 hari.
Keempat, Obati burung MB anda dengan kunyit yang dikupas terlebih dahulu kulitnya. Caranya dengan dioleskan atau bisa diparut terlebih dahulu baru dioleskan pada bagian yang terkena jamur/bakteri (bagian yang dicabuti bulunya). Proses ini dilakukan sampai burung tidak lagi mencabuti bulunya.
Kelima, Jika burung murai batu sudah tidak melakukan cabut bulu maka bisa dilakukan perawatan seperti semula saat burung tidak terkena jamur.
Keenam, Hilangkan kebiasaan memandikan burung dengan air bekas mandi burung-burung lain peliharan anda, karena bisa jadi kuman menular melalui air bekas mandi burung.
Itulah langkah-langkah perawatan murai batu yang mencabuti bulu, semoga berguna bagi burung peliharaan anda dan cepat pulih agar kembali dapat mendengarkan suara murai batu yang indah.