Ciri Murai Batu Tangkapan Hutan Yang Berkualitas

SuaraBurungs.Com, Murai Batu memang burung yang menarik, eksotis. Selain memiliki kicauan yang bagus, murai juga memiliki keindahan pada bulu-bulunya. Burung ini juga menjadi salah satu burung yang berharga tinggi nilai jualnya. Karena harga yang terus melambung, maka banyak peternak  yang mengembangbiakkan burung murai bahkan banyak juga yang nekad berburu burung murai dihutan yang sebenarnya SANGAT DILARANG karena akan merusak habitat burung di alam liar/hutan.

memilih-murai-batu-juara

Tetapi jika anda kebetulan ingin membeli burung murai batu hasil tangkapan dari hutan, ada baiknya untuk membaca artikel Ciri Murai Batu Tangkapan Hutan Yang Berkualitas ini, agar anda mendapatkan burung incaran yang benar-benar hebat dikandang maupun saat diperlombaan.

Lihat Ciri Fisik Murai Batu

Yang pertama harus anda lihat adalah bagian mata burung, pilihlah murai yang tidak memiliki tanda-tanda katarak (cirinya, terdapat warna putih diselaput matanya).
Kedua,  Lihatlah bentuk ekor murai. Pilihlah yang memiliki ekor rapat dan tidak terlalu tebal (murai yang memiliki ekor seperti ini selain enak dipandang juga berkemampuan memainkan ekornya saat sedang bertarung).
Ketiga, Pilihlah murai batu yang berbulu dada kekuningan (sebagian besar murai memiliki bulu dada yang kecoklatan, akan tetapi jika anda menemukan bulu dada yang berwarna kekuningan itu lebih bagus karena biasanya murai yang seperti ini mudah berbunyi/berkicau).
Keempat, Lihat paruh murai. Pilihlah yang berpangkal lebar, tebal, panjang, dan besar. Pada bagian bawah paruh harus lurus, lubang hidung memiliki jarak yang dekat.
Kelima, Bagian kepala pilihlah yang berbentuk kotak, matanya bulat dan melotot. (Murai yang seperti ini biasanya mempunyai mental yang kuat dalam bertanding).
Keenam, Bentuk badan yang baik pada murai adalah berpostur sedang/serasi antara leher dan badan. Kaki juga harus serasi dengan postur tubuh.
Ketujuh, Pilih murai yang sayapnya mengepit serta kaki mampu mencengkeram dengan kuat.

Lihat Usia Murai

Mengetahui usia murai secara pasti akan sulit jika burung dari tangkapan hutan, tetapi ada cirri yang bias kita amati untuk mengetahui usia murai. Burung murai yang masih muda memiliki tanda yaitu, terdapat bintik cokelat dibagian sayap dalam maupun luar.

Lihat Perilaku Murai Batu

Jika murai muda, saat kita pegang maka burung akan merespon dengan jeritan yang kencang dan akan paruhnya akan mematuk jari tangan (burung seperti ini memiliki mental yang sangat berani)
Burung murai batu terlihat lincah dan nafsu makan besar (menandakan burung sehat dan mentalnya baik)

Pembahasan lebih detail mengenai perilaku anda bisa baca artikel Mengenal Sifat dan Karakter Murai Batu. Itulah tips bagaimana mengetahui Murai Batu Tangkapan Hutan Yang Berkualitas, semoga dapat menambah pengetahuan bagi anda yang ingin membeli burung murai khususnya hasil dari tangkapan hutan.
Tag : Murai, Murai Batu