Drongo, Penipu Suara Yang Handal

Dalam dunia burung ternyata ada juga yang pintar menipu antara sesama burung. Drongo, Burung yang memiliki bulu hitam dan ekor bercabang asal Afrika ini merupakan salah satu jenis burung yang cerdik dan penipu handal bagi dunianya.

drongo-penipu-suara

Burung drongo sangat pintar menirukan suara panggilan/call tanda bahaya dari beberapa jenis burung lainnya. Dalam menipu drongo akan menirukan suara panggilan/call tanda bahaya bahwa akan adanya hewan predator yang mendekat agar korban merasa takut dan pergi yang akhirnya burung drongo dapat mencuri makanan yang ditinggalkannya.

Menurut ahli evolusi biologi Tom Flower dari University of Cape Town di Afrika Selatan, selain cerdik dan ahli menipu, drongo juga terkenal sangat agresif dan senang menyerang burung elang dan rajawali tanpa ada rasa takut sama sekali.

Perilaku menipu burung drongo terjadi karena kurangnya jumlah makanan, jika jumlah makanan terpenuhi drongo akan berlaku jujur, namun jika makanan sulit ditemui maka sifat jahat burung ini keluar yaitu membuat suara peringatan palsu.

Banyak jenis suara yang bisa ditirukan burung drongo, seperti suara burung jalak, manyar, alap-alap, bahkan suara mamalia seperti meekat.  Dari pengamatan Flower, burung asal Afrika ini menguasai lebih dari 50 jenis suara peringatan tanda bahaya.

Banyak jenis burung yang pandai menirukan kicauan burung lainnya, namun hanya Drongo yang bisa membuat sinyal suara paling spesifik dalam menipu hewan lain dan mengubah suara tanda bahaya lainnya jika yang sebelumnya gagal. Para peneliti mengklasifikasikan burung drongo sebagai “kleptoparasite”.