Kenali Ciri Bakalan Cucak Rawa Yang Bagus

Harga jual Burung Cucak Rawa memang cukup tinggi, namun para pecinta burung tetap banyak yang mencarinya karena suara cucak rawa memang bagus. Bagi yang mempunyai cukup uang memang harga bukanlah menjadi masalah jika ingin mendapatkannya, tetapi bagi yang berkantong tipis maka akan berpikir keras jika menginginkan burung jenis ini. Jalan terbaik bagi yang berkantong tipis adalah dengan membeli cucak rawa yang masih bakalan atau masih muda, jika anda ingin membeli bakalan maka ketahuilah terlebih dahulu ciri-ciri bakalan cucak rawa yang bagus dan berkualitas.

ciri-cucak-rawa-yang-bagus_54400

Bagaimana Ciri Bakalan Cucak Rawa Yang Bagus?

Bakalan cucak rawa baik yang dari hutan maupun dari penangkaran memang mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Anakan muda dari hutan akan relatif lebih sulit untuk dijinakkan daripada anakan cucak rawa dari penangkaran, akan tetapi biasanya yang dari hutan akan memiliki suara asli dari habitatnya di alam liar, sedangkan yang hasil dari penangkaran harus kita master baik dengan burung asli ataupun dengan audio mp3 (Baca tips Cara Memaster Burung Dengan Audio Mp3) jika ingin memiliki suara kicauan cucak rawa yang asli.

Sebaiknya jika anda ingin membeli bakalan cucak rawa yang bagus adalah yang asli dari hutan, karena akan memiliki suara yang bagus dan berkecenderungan akan bisa roppel jika kita melakukan perawatan dengan tepat dan konsisten serta mempelajari masalah-masalah yang terjadi pada burung cucak rawa, seperti:
-   Mengatasi Cucak Rawa Over Birahi
-   Mengobati Cucak Rawa Yang Ngedrop
-   Merawat Cucak Rawa Saat Mabung

Bakalan cucak rawa yang berkualitas bisa dilihat dari segi fisik burung, antara lain:
-    Pilihlah Cucak Rawa yang memiliki bentuk kepala besar, agak bulat, dan dahinya menonjol.
-    Bagian paruh pilihlah yang berpangkal tebal, panjang dan kuat.
-    Lubang hidung cucak rawa tidak terlalu lebar.
-    Burung mempunyai leher yang panjang serta pangkal bagian leher sedikit agak mengembang.
-    Memiliki dada yang bidang dan sedikit membungkuk pada bagian punggungnya.
-    Tulung bagian paha baik kanan dan kiri agak rapat.
-    Pada bagian jari harus kuat, panjang, dan mencengkeram dengan baik.
-    Badan keseluruhan berukuran besar dan panjang.
-    Berbulu sayap yang panjang, serta bulu dibagian dada terlihat lembut dan mengkilap
-    Ekor burung cucak bakalan panjang dan mengumpul dengan bentuk meruncing.

Ciri Bakalan Cucak Rawa diatas memang tidak mutlak 100% kebenarannya, akan tetapi bisa sebagai bahan pertimbangan anda jika ingin membeli burung yang terkenal dengan roppelannya dan tentunya yang memiliki kualitas tanding yang bagus.