Cara Tepat Memaster Lovebird

Juri biasanya pada saat perlombaan akan tertarik oleh suara burung yang memiliki variasi isian dalam berkicau, oleh karena itu burung lovebird anda wajib untuk dimaster agar mampu berkicau dengan banyak variasi isian/tidak monoton. Bagaimana caranya, baca tips berikut?

cara-memaster-lovebird_600213

Kapan Usia Yang Baik Untuk Memaster Burung Lovebird

Walaupun lovebird anda berasal dari induk yang mampu bersuara panjang dan lovebird mempunyai karakter meniru suara lain, akan tetapi anaknya jarang mendengar sang induk berkicau dengan suara panjang karena pada masa bertelur, ngeram, kemudian menetas sang induk jarang untuk berkicau dengan suara yang panjang.

Waktu ideal untuk memaster burung lovebird adalah saat berusia sekitar 2 bulan. Pada usia yang tergolong muda diharapkan akan mampu menirukan suara master dengan baik dan tidak mudah terlupakan oleh memori burung.

Suara Master Yang Tepat Bagi Lovebird

Lovebird mempunyai karakter suara yang keras, nyrecet, kasar dan rapat. Maka untuk memaster burung ini juga diperlukan suara yang sejenis misalnya burung Cililin (memiliki suara yang nyaring dan rapat), Cucak Jenggot (memiliki suara besetan yang tajam dan panjang), Kenari (suara ngeroll kenari akan membuat keindahan kicauan lovebird), Tengkek Buto (burung ini memiliki suara ngeroll serta ngekek yang rapat). Saat akan memaster lovebird anda dengan cililin usahakan jangan terlalu dekat, karena karakter suara cililin yang keras akan membuat lovebird ketakutan dan bisa jadi akan berakibat stress.

Perlu diperhatikan juga jika ingin lovebird anda berhasil dengan baik mengalunkan suara masteran janganlah memaster dengan banyak ragam suara, cukup dua jenis saja misalnya suara master cililin dan kenari atau cililin dan cucak jenggot, proses memaster sebaiknya dengan satu persatu misalnya jika lovebird dimaster dengan cililin maka jangan sampai diganti dengan suara burung lain sebelum lovebird bisa menirukan suara cililin. Karena jika lovebird anda terlalu banyak isian dikhawatirkan tidak akan sempurna dalam membawakan isiannya. Baca juga artikel Tips Mempercantik Suara Lovebird.

Semoga artikel Cara Tepat Memaster Lovebird bisa menambah referensi pola perawatan burung peliharaan anda. Baca juga artikel menarik Sukses Melatih Burung Lovebird.
sumber referensi artikel kicaumania.or.id
Tag : Lovebird, Tips