Tips Perawatan Harian Kacer Juara

Burung bertipe petarung yang mempunyai banyak penggemar salah satunya adalah Burung Kacer. Disetiap event perlombaan, jenis burung ini selalu menjadi perhatian. Kacer sendiri mempunyai dua jenis yaitu Kacer berdada hitam dan berdada putih (sering disebut dengan poci). Memiliki burung yang bermental juara khususnya kacer merupakan dambaan setiap pemilik burung ini, namun untuk meraih itu tidaklah mudah karena kita harus benar dalam perawatan harian. Nah kali ini ada Tips Perawatan Harian Kacer Juara, tips ini merupakan pengalaman dari penghobi KC yang sudah berpengalaman dalam merawat burung kacer.

perawatan kacer juara

Untuk membuat burung kacer tampil prima di lapangan adalah dilihat dari segi perawatan harian. Burung bertipe fight ini harus dalam kondisi mental, birahi dan emosi yang stabil jika ingin meraih juara dalam perlombaan. Jika kacer kurang dalam mentalnya maka akan mengakibatkan burung ini Mbagong/mbedesi, juga jika kurang dalam stamina maka tidak akan kuat selama bertanding (akhirnya mbagong ditengah jalannya pertandingan).

Untuk mendapatkan kacer yang selalu berkondisi stabil , maka kita harus perhatikan 2 hal:

1. Pahami karakter burung kacer yang kita miliki. Untuk dapat memahami sifat/karakter jagoan kita memang sangat diperlukan kesabaran dan waktu, tapi hal ini sangat penting agar kita dapat memberikan perawatan yang benar.

2. Pemberian makanan, sangkar serta tangkringan/tenggeran, dan mandi jemur (bila perlu di masukan kandang umbaran)

Perawatan Harian Kacer Juara


1. Penjemuran

Untuk menjaga kondisi kesehatan burung maka diperlukan penjemuran secara rutin setiap hari (kecuali kondisi hujan), penjemuran juga akan membuat kacer memiliki nafas lebih panjang. Lamanya penjemuran bisa ditambah secara bertahap, misalnya pada minggu pertama dijemur dari jam 8-10 kemudian minggu berikutnya jam 8-10.30 dan seterusnya hingga burung tidak mangap atau buka mulut saat dijemur dalam waktu yang lama.

Saat sedang dijemur, keluarkan pakan dari dalam kandang. Cara ini agar kacer memiliki suara yang tebal. Setelah terlihat mulut burung sering mangap atau terbuka kemudian di anginkan hingga tidak mangap-mangap lagi mulutnya, baru kemudian maskukan voer terlebih dahulu supaya sampai burung memakannya (hal ini dilakukan agar lendir kering didalam tenggorokan ikut terbawa bersama voer). Setelah kurang lebih 15 menit baru masukan minumannya.

2. Mandikan

Memandikan kacer bertujuan untuk kestabilan birahi serta mengurangi kelelahan dan menurunkan emosi yang berlebihan. Lakukan proses pemandian secara rutin setiap hari, Anda bisa melakukan pada pagi hari ataupun malam. Dari pengalaman para KC mania, melakukan mandi malam pada kacer dapat mengurangi mbagong/mbedesi. Selesai dimandikan jangan lupa untuk membersihkan kandang agar terjaga dari virus/bakteri.

3. Pemberian EF (extra fooding)

- Buah buahan
Buah sangat bagus diberikan pada burung kacer. Buah yang biasanya diberikan antara lain, Apel (untuk menajamkan suara burung serta dapat membuat jernih kicauannya), Pepaya (dapat menurunkan birahi), Pisang (untuk menggemukan badan).

- Jangkrik
Makanan ini dapat menaikan kekuatan/power kacer, tapi jangan terlalu berlebihan dalam memberikan karena dapat membuat burung over birahi jadi cukup 3 atau 4 dalam sehari (kecuali pada saat menjelang lomba maka dapat diberikan jangkrik yang lebih dari biasanya, karena saat dalam arena memerlukan energi yang besar).

Itulah tips Perawatan Harian Kacer Juara yang dapat kami kumpulkan dari pengalaman para KC mania, semoga dapat menambah wawasan dalam memelihara burung jagoan anda. artikel lain tentang Burung Kacer adalah Tips Perawatan Kacer Menjelang Lomba.