Membuat Ciblek Jadi Gacor Setelah Macet Bunyi

Ekor diangkat saat bertarung merupakan ciri khas selain suara ngebren dari burung ciblek, namun bagaimana kalau tiba-tiba ciblek anda tidak mau berbunyi atau macet bunyi? Salah satu permasalahan yang kerap kali dihadapai oleh ciblek adalah macet bunyi. Burung yang semula sangat rajin berkicau, namun tiba-tiba menjadi mogok untuk mengeluarkan suara (ciblek hanya melakukan loncat-loncat dalam tangkringan).

ciblek ngebren macet bunyi

Banyak kemungkinan yang terjadi bilamana burung ciblek anda mendadak malas untuk berkicau/macet bunyi, antara lain adalah:

  • Burung ciblek sedang dalam kondisi tidak fit atau kurang sehat
  • Ciblek mengalami penurunan mental/drop, biasanya setelah kalah bertarung pada saat di bawa ke arena lomba ataupun latber.
  • Pengaruh pola makan yang berubah juga dapat mengakibatkan burung ini menjadi macet bunyi.
  • Pemberian EF (extra fooding) yang kurang, seperti kroto, ulat hongkong, dan jangkrik.
  • Gangguan dari kondisi sekitar, misal gangguan hewan lain seperti kucing dan tikus.
Lalu bagaimana cara mengembalikan kondisi ciblek agar kembali rajin berbunyi atau gacor?

Nah berikut tips membuat ciblek jadi gacor setelah macet bunyi

Sebelum memulai tipsnya, coba lihat video ciblek gunung gacor dibawah ini terlebih dahulu:


Pertama, jika ciblek sedang dalam keadaan tidak sehat maka solusinya adalah berikan vitamin tambahan (bisa didapatkan di PB) dan menaruh burung dalam ruangan yang tenang sambil dikerodong sangkarnya.

Kedua, mental drop burung ciblek saat kalah trek dengan ciblek lain. Nah untuk mengembalikan mentalnya adalah dengan menjauhkan dari burung ciblek (tidak melihat atau mendengar suara burung ciblek lain) dan taruh pada tempat yang tenang serta jangan lupa sangkar dikerodong.

Ketiga, prilaku macet bunyi pada ciblek karena kurangnya EF biasanya karena sang pemilik merubah pola makannya. Misalnya, pada biasanya ciblek diberi Jangkrik 5 setiap pagi dan sore namun kali ini hanya diberi 3. Pola perubahan drastis ini juga memungkinkan ciblek enggan untuk berbunyi. Solusinya adalah jika ingin mengurangi EF, bisa dilakukan sedikit demi sedikit. Nah untuk mengembalikan suara ciblek karena pola makan yang berubah adalah kembalikan pola makan seperti semula dulu, jika burung sudah rajin berkicau baru kurangi sedikit demi sedikit pemberian EFnya.

Keempat, Gangguan dari kondisi lingkungan memang sering kali membuat burung menjadi stress. Oleh karena itu sebaiknya tempatkan burung dilingkungan yang jauh dari gangguan baik hewan maupun yang lainnya. Pemberian vitamin dan mandi jemur lakukanlah rutin setiap hari (kecuali cuaca tidak ada panas).

Jika kondisi ciblek masih belum gacor/macet bunyi, anda bisa mencoba dengan menempelkan ciblek betina untuk memancing birahi ciblek jantan atau juga bisa menggunakan Audio Teraphy Suara Ciblek. Itulah sedikit tips membuat ciblek jadi gacor setelah macet bunyi, dan jika ciblek sudah gacor maka anda bisa jadikan untuk memaster burung lainnya, misalnya kenari. Semoga bisa memberi manfaat bagi anda, jika pecinta ciblek punya pengalaman tentang masalah ini silahkan berbagi tips melalui kotak komentar dibawah. (baca juga Tips Menambah Volume Ciblek Agar Kristal)