Membedakan Jantan/Betina Trotolan Anis Merah, Ini Caranya !!!

Komunitas pecinta burung anis merah saat ini semakin merebak, burung yang memiliki gaya khas "Teler" saat sedang dalam berkicau membuat burung ini semakin di cari oleh penghobi burung. Jika anda mau memelihara burung ini dan ingin yang masih kecil sebaiknya harus tahu cara membedakan jantan/betina trotolan anis merah.

membedakan trotolan anis merah

Untuk membedakan jantan dan betina burung anis merah saat masih trotolan bisa dilihat dari sayapnya.

Bagaimana Ciri Jantan/Betina Anis Merah?


Berikut ada tips cara membedakan jantan/betina trotolan anis merah yang SuaraBurungs.Com kutip dari penggemar AM Jiyanz dari forum KicauMania.or.id.

1. Trotolan Anis Merah Betina

AM betina saat masih dalam keadaan trotol/kecil bisa dilihat dari warna sayap yang kusam serta terdapat warna kuning dibagian bulu sayapnya, warna ini ada dari bulu yang kecil sampai yang besar. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar yang ada dibawah.

trotolan anis merah betina

anis merah betina

2. Trotolan Anis Merah Jantan

Kalau trotolan AM betina berbulu kusam, maka lain halnya dengan jenis kelamin jantan yaitu memiliki bulu yang lebih mengkilap dan tidak ada warna kuning di bagian bulu sayapnya. Lihat gambar dibawah.


anis merah jantan

Tips cara membedakan jantan/betina trotolan anis merah tersebut tidak sama jika kondisi burung sudah tidak tumbuh bulu trotolnya, karena warna kuning pada AM betina akan memudar hingga hilang dan menjadi hitam polos. Namun untuk yang jantan akan semakin hitam mengkilap dan jika sedang dalam keadaan birahi bukan over ya... (Lihat artikel Ciri Burung Over Birahi) biasanya suara burung akan mulai ngeplong-ngeplong. Jika anda punya tips membedakan jenis kelamin AM trotolan yang lainnya silahkan berbagi dengan berkomentar dan nanti akan kami masukan dalam artikel ini.