Cara Tepat Memaster Burung

Banyak cara dalam memaster burung, namun cara yang tepat dalam pemasteran memang kita harus tahu teknik dan terus melakukan percobaan sampai sukses dalam mengisi burung peliharaannya. Memang akan sangat membutuhkan waktu dan tenaga, tetapi saat apa yang kita harapkan berhasil pasti akan mendapatkan kepuasan yang luar biasa (belajar ilmu motivasi... hehehe).


Lanjut. Pemasteran burung yang baik  menurut para penghobi burung adalah kita harus tau karakteristik suara burung yang akan dimaster, agar mampu menghasilkan suara yang sempurna. Untuk lebih jelasnya mari kita kaji satu persatu.

cara-pemasteran-burung-yang-tepat

1. Menentukan jenis suara burung untuk memaster

Hal ini di lakukan karena tipe suara burung berbeda-beda (nembak atau ngerol)

2. Ruangan Khusus Untuk Memaster

Agar hasil lebih optimal, sebaiknya kita menyediakan ruangan yang khusus supaya tidak ada penganggu seperti binatang lain, anak-anak yang sengaja menganggu, suara berisik sekitar rumah.

3. Kondisi Burung Yang Dimaster

Burung yang sedang mengalami sakit akan memakan waktu yang cukup lama dalam memaster, jadi usahakan dalam kondisi fit/prima, Baca artikel 9 Tanda Burung Yang Sedang Sakit. Berbeda dengan saat burung dalam kondisi mabung, karena saat seperti ini merupakan waktu yang paling cocok untuk memoles suara kicauan. Dalam kondisi mabung burung akan lebih banyak diam, sehingga akan lebih mudah masuk ke memori burung.

Media Untuk Memaster Burung


Untuk proses memaster ada 2 cara yaitu menggunakan burung master (harus benar-benar gacor) dan perangkat elektronik (audio mp3) sebagai medianya.

Proses pemasteran menggunakan burung sebaiknya dilakukan dalam ruangan yang sepi, burung di gantang berdekatan (sebaiknya burung yang akan dimaster di beri kerodong, agar tenang).

Lakukan pemasteran  setelah burung dijemur (10.30 - 12.00) untuk pagi hari, kemudian lakukan lagi pada jam 15.00 - 17.00. Lakukan secara rutin hingga burung mampu menirukan burung masteran (lamanya pemasteran tergantung kecerdasan burung).

Itulah sedikit tips cara yang tepat untuk memaster burung. Ada baiknya jika anda tidak mempunyai burung untuk master, anda bisa menggunakan media mp3. Agar manuai hasil yang bagus, silahkan baca artikelnya Cara Memaster Burung Dengan Audio Mp3.