Cara Perawatan Kenari Yang Baik

Mempunyai burung yang sehat dan rajin berkicau merupakan dambaan pemelihara. Burung jika kondisi kesehatannya fit karena perawatan yang baik pasti akan mengeluarkan kicauannya (jika burung sudah cukup umur), Burung berkicau yang saat ini banyak digemari adalah Kenari.

Lantunan suara Kenari yang memiliki suara naik turun membuat burung jenis ini memiliki banyak penggemar. Selain didengar kicauannya dirumah, burung ini juga kerap dilombakan baik lokal maupun tingkat nasional. Jenis kenari yang sering dilombakan adalah Spanish Timbrado, American Singer, German Roller, dan Waterslagger. Jenis perlombaan kenari bukan hanya pada suaranya tetapi juga warna dan postur tubuh.

perawatan-kenari-yang-baik


Perawatan Kenari yang baik agar sering berkicau sebenarnya sama dengan burung-burung lainnya, kunci utama adalah kesabaran dan konsisten dalam merawat. Berikut ini ada tips merawat kenari yang kami ambil dari berbagai sumber:

1.  Sangkar Kenari

Sebaiknya sangkar untuk burung kenari adalah berbentuk kotak dan lebar, sangkar seperti ini bertujuan agar burung leluasa dalam bergerak dan akan merasa nyaman. Kemudian bersihkan kandang secara rutin setiap pagi hari agar kenari tetap terjaga kesehatannya (karena kenari sering kali memakan sisa makanan dalam dasar sangkar)

2.  Memandikan Kenari

Setiap pagi kenari anda mandikan, bisa dengan cara disemprot atau memberikan wadah berisi air agar burung mandi sendiri. Lakukan secara rutin (kecuali cuaca hujan/mendung), setelah mandi angin-anginkan sampai bulu kenari kering kemudian jemur sampai jam 10.30, setelah itu angin-anginkan sebentar kemudian bisa dikerodong sambil dimaster. Baca Cara Memaster Burung dan Suara Master Untuk Kenari Agar Istimewa


3.  Makan Untuk Kenari

Berikan kenari biji-bijian (Canary Seed), sayuran (sawi hijau/putih, wortel, daun selada, mentimun, gambas) serta buah-buahan seperti apel dan buah pir.

4. EF (extra fooding) untuk Kenari

EF atau pakan tambahan yang baik untuk kenari adalah telor puyuh serta kroto (telor semut), makanan ini sangat baik untuk pertumbuhan organ-organ kenari (bakalan). Jika burung sudah dalam kondisi dewasa sebaiknya jangan diberikan EF terlalu banyak karena akan mengakibatkan burung menjadi over birahi. Baca Ciri-Ciri Burung Over Birahi

Selain EF yang sudah disebutkan anda juga dapat memberikan Roti Kering karena burung kenari juga menggemari makanan yang satu ini dengan catatan jangan berikan roti kering yang mengandung kadar gula dan garam yang banyak.

Guna memberikan tambahan kalsium, berikanlah kenari tulang sotong, tulang sotong mengandung kalsium karbonat, sodium klorida, kalsium fosfat dan garam magnesium. Selain itu berikanlah grit (grit diperlukan karena untuk memproses biji-bijian yang dimakan kenari melalui ampela), Lihat artikel Pentingya Grit Untuk Kenari.

5. Kerodong

Lakukan pengkrodongan kenari pada saat malam hari, hal ini dilakukan agar kenari mempunyai waktu istirahat yang cukup serta mencegah hawa dingin dan gigitan nyamuk. Itulah Tips Cara Perawatan Kenari Yang Baik, semoga dapat menambah wawasan dalam perawatan hewan kicauan anda.