Cara Mudah Beternak Lovebird #2

Pada artikel sebelumnya Cara Mudah Beternak Lovebird #1 telah dibahas mengenai ragam jenis burung lovebird serta cara membedakan jenis kelamin Jantan/Betina. Selanjutnya artikel ini akan membahas tentang hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam Beternak Lovebird.

memilih induk lovebird

Keberhasilan dalam segala hal biasanya karena adanya persiapan yang matang, begitu pula jika anda akan beternak burung lovebird, maka harus dipersiapkan sebaik mungkin segala hal yang dibutuhkan dalam penangkaran. Apa saja yang harus dipersiapkan dalam Beternak Lovebird?

1.  Tempat/Ruangan

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam menangkar burung sebaiknya kita perlu menyiapkan ruangan khusus, hal ini untuk meminimalkan gangguan dari sekitar (hewan liar, kegaduhan anak kecil).

2. Sangkar/Kandang

Siapkan kandang yang berjeruji dari kawat/besi dengan ukuran 50x50x50 cm, ukuran ini untuk sepasang burung lovebird. Siapkan pula tempat untuk bertelur dari kayu berkukuran 25x20x25 cm dan juga berikan tempat tenggeran/tangkringan dari kayu (ukuran menyesuaikan lebar kandang). Jika anda tidak mau repot membikin sangkar sendiri, anda dapat membeli kandang/sangkar untuk ternak lovebird yang sudah jadi di penjual sangkar.

3. Memilih Indukan

Indukan lovebird merupakan faktor terpenting dalam menghasilkan anakan yang memiliki kualitas baik, oleh karena itu dalam beternak harus bisa mendapatkan indukan yang baik agar menghasilkan anakan yang berkualitas dan tentunya akan menambah nilai jual. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih indukan:

- Usia Indukan

Masa produksi burung lovebird dipengaruhi oleh faktor usia, lovebird betina biasanya akan bertelur pada usia 5 bulan. Akan tetapi usia yang paling bagus adalah antara 7-8 bulan, karena jika masih terlalu muda dikhawatirkan hasilnya akan kurang baik (lovebird muda masih belum sempurna pembentukan organ tubuhnya) sehingga dapat beresiko susah untuk bertelur, telur susah menetas, dan anakan akan mudah mati.

- Kesehatan Induk

Memilih indukan yang sehat bisa kita lihat dari tingkah laku burung, jika kita melihat burung yang gesit (banyak bergerak) serta nafsu makannya tinggi maka bisa dipastikan burung tersebut dalam kondisi sehat.

- Bentuk Tubuh Indukan Yang Ideal

Tubuh indukan lovebird yang bagus adalah jika antara leher, badan, ekor, serta kaki kelihatan serasi. Bagian dada lovebird terlihat lebar, sayap mengepit rapat, memiliki kaki yang kokoh/kuat serta kering, dan jari-jari kaki mencengkeram dengan kuat.

Selain dari bentuk badan, kita juga perlu perhatikan bagian kepala. Lovebird yang memiliki mental kuat dan bernyali bisa dilihat dari bagian kepala yang besar, pangkal paruh tebal dan panjang, memiliki bola mata besar serta bersih dan sorot matanya tajam.

Memilih indukan lovebird yang bagus juga harus dilihat pada daerah lehernya, jika indukan memiliki leher yang panjang dan padat maka indukan tersebut ideal karena dengan memiliki bentuk leher tersebut biasanya suara burung akan lantang dan bisa ngekek panjang.

Itulah beberapa persiapan yang harus diperlukan untuk beternak lovebird. Artikel selanjutnya Cara Mudah Beternak Lovebird #3 dibahas mengenai Proses Penjodohan Dan Masa Bertelur.