Cara Mudah Beternak Lovebird #1

Pemeliharaan hewan ternak khususnya burung akan selalu ada dimanapun tempatnya, baik dikota maupun pedesaan. Apalagi saat ini banyak spesies burung yang hampir punah, maka semakin banyak orang-orang untuk memeliharanya dari kepunahan. Salah satu contoh dengan cara menangkar atau diternakan. Burung Lovebird menjadi salah satu jenis hewan yang banyak diternakan. Selain untuk menjaga dari kepunahan burung lovebird juga menarik untuk dinikmati dari segi warna maupun suaranya.

beternak lovebird

Penggemar burung pemakan bijian seperti lovebird dan kenari (Cara Ternak Kenari) saat ini semakin banyak, oleh sebab itu harga burung ini cenderung naik dari waktu ke waktu. Karena semakin meningkat peminatnya, maka banyak pula orang yang menekuni menjadi peternak burung lovebird. Beternak lovebird menjadi ladang bisnis yang menggiurkan, jika anda berminat untuk menjadi peternak burung ini silahkan baca Cara Mudah Beternak Lovebird dibawah.

Tips Beternak Burung Lovebird

Sebelum membahas segala sesuatu tentang Cara Mudah Beternak Lovebird #1 alangkah baiknya kita mengetahui berbagai jenis dari burung ini.

Lovebird merupakan burung yang memiliki tipe sosial/berkelompok, burung ini juga memiliki sifat monogomi (setia terhadap pasangannya). lovebird memiliki 2 jenis yaitu lovebird kacamata (terdapat garis putih tebal yang melingkari mata) dan tidak berkacamata (garis putih sangat tipis terkadang bahkan tidak kelihatan), selain itu perbedaan lainnya adalah dari bentuk tubuhnya, Lovebird kacamata berbadan kecil sedangkan lovebird non kacamata berbadan lebih besar.

Saat ini lovebird kacamata semakin banyak peminatnya, karena memiliki keindahan warna yang eksotis. akan tetapi jika anda menyukai karena suaranya maka pilihlah yang tidak berkacamata. Lovebird yang banyak beredar di Indonesia antara lain: Albino, Lutino Mata Merah, Lutino Mata Hitam, Dark Green, Cobalt (dark blue), Cobalt Violet, Hitam kepala Hitam, Pastel Putih, Olive (double dark green), Pastel Kunig, Blue, Hitam Kepala Putih, Pied Green, Pastel Green, Pied Dom Spangle Green, Pied Dom Spangle Blue, Pied Dominit Sable Spangle Dark Violet, dan Pied Mauve. Sebenarnya masih banyak jenis lovebird, namun pada umumnya jenis-jenis tersebut yang banyak diminati penghobi lovebird saat ini. Jika anda ingin mengetahui bentuk dan warna lovebird silahkan artikel Foto-foto jenis lovebird.

Membedakan Jenis Kelamin Lovebird

Lovebird memiliki memiliki kurang lebih 9 spesies, akan tetapi yang paling banyak diternak adalah spesies Agapornis roseicollis (muka salem), Agapornis fischeri (Kacamata), dan Agapornis personatus (Kacamata Topeng). Ketiga spesies lovebird tersebut sangat sulit dibedakan antara jantan dan betina, banyak orang yang melakukan spekulasi untuk membedakan jantan dan betina dari katuranggan, bentuk paruh, ukuran tubuh serta dari bentuk kepala.

Perlu kita ketahui bahwa dari 9 spesies lovebird, 6 diantaranya memiliki sifat monomorfik (burung jantan dan betina berpenampilan hampir sama baik dari warna bulu maupun bentuk tubuh). Untuk mengetahui ciri-ciri jantan dan betina bisa menggunakan cara yang dilakukan oleh peneliti burung yaitu Wessel van der Veen.

1.  Perilaku Menggigit

Dalam penelitian, lovebird betina akan menggigit (objek dalam sangkar) secara langsung tanpa meraba-raba melalui paruhnya terlebih dahulu dibandingkan dengan yang jantan.

2. Posisi Kaki Dalam Bertengger

Disaat burung lovebird istirahat, kita dapat melihat posisi kakinya. Lovebird betina jarak kaki saat bertengger akan lebar sekitar bahu, sedangkan jantan kakinya akan cenderung merapat atau kurang dari lebar bahu.

3. Bulu Ekor Lovebird

Dari penelitian, lovebird jantan di bagian bulu ekor terlihat runcing/lancip sedangkan betina bulu ekornya lebih rata atau mengembang.

Sudah kita bahas sedikit pengetahuan mengenai jenis-jenis lovebird yang umumnya diternak di Indonesia dan tips cara menentukan jenis kelamin. Bahasan selanjutnya dalam Beternak Burung Lovebird adalah tentang pemilihan indukan serta penjodohan burung yang sudah siap untuk dikawinkan, Silahkan baca Cara Mudah Beternak Burung Lovebird #2