Cara Mengatasi Cucak Ijo Macet Bunyi

Suara burung cucak ijo memang sangat bervariasi, namun disaat kita sedang senang-senangnya mendengar cucak ijo berkicau setiap hari tiba-tiba burung jadi macet bunyi. Kondisi seperti ini diakibatkan oleh beberapa faktor yang menyebabkan sang burung malas mengeluarkan suara merdunya. Untuk mengatasi burung cucak ijo macet bunyi sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu penyebabnya.

cucak ijo gacor

Karena burung cucak ijo merupakan tipe petarung/fighter, maka jika kalah dalam bertarung saat sedang dilombakan maupun sedang ditrek dengan burung CI lainnya dapat mengakibatkan mentalnya menurun/drop, hal tersebut akan berdampak Cucak Ijo menjadi malas berbunyi atau macet bunyi.

Banyak para penghobi burung CI yang mencoba mengatasi Cucak Ijo macet bunyi dengan memberi makan buah pir, daun sirih, dikarantina, maupun ditempel dengan cucak ijo betina. Dari cara-cara tersebut memang ada yang berhasil ada juga yang gagal (CI tetap membisu), Nah kali ini SuaraBurungs.Com berbagi tips yang diperoleh dari pengalaman anggota forum KicauMania.or.id dengan userid Cepo.
Tips lainnya Memilih Bakalan Cucak Ijo Bermental Juara

Kelabang Untuk Cucak Ijo


Untuk menyembuhkan burung cucak ijo yang macet bunyi maka dilakukan dengan pemberian extra fooding berupa Kelabang liar (cari yang masih kecil jangan yang sudah besar). Yup, binatang yang biasa ditemukan disela-sela tumpukan batu bata maupun kayu yang lembab.

Cara pemberiannya adalah dengan memotong kaki dan kepala kelabang lalu taruh ditempat makan, dari pemberian EF ini burung CI miliki cepo dalam waktu 3 hari sudah kembali gacor. Perlu diperhatikan dalam pemberian kelabang ini cukup 1 kali dalam seminggu (khusus CI bakalan), kalau CI yang sudah dewasa dan gacor disarankan tidak usah diberi EF kelabang. Itulah Cara Mengatasi Cucak Ijo Macet Bunyi, untuk burung ciblek yang macet bunyi lihat caranya DISINI, semoga bermanfaat. Baca juga artikel 6 Ramuan Tradisional Untuk Burung Cucak Ijo