Cara Memaster Burung Dengan Audio Mp3

Proses pemasteran burung melalui audio mp3 memang sangat sulit dan butuh kejelian, jika kita salah memberikan suara burung dengan file mp3 yang berkualitas buruk maka bisa berakibat buruk (frekuensi suara berubah) pada burung yang dimaster. Namun hal tersebut bisa kita tanggulangi/antisipasi dengan cara menormalkan file suara mp3 ke bentuk standar (banyak file mp3 yang sudah melalui edit, sehingga merubah suara asli burung).

file mp3 suara burung master

Banyak software edit audio gratis untuk merubah file mp3 suara burung master anda, seperti waveshop portable  atau audacity portable, lakukan edit file mp3 ke mode normalize serta buang noise pada file tersebut. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jika pemutar mp3 anda menggunakan equalizer maka rubahlah ke bentuk flat/standar. Jika settingan telah benar dan terdengar lebih jelas tanpa ada noise maka akan lebih cepat masuk kememori burung.

Membuat File Suara Master

File mp3 suara burung master bisa menggunakan file suara burung campuran, namun harus diberi waktu jeda kurang lebih 4 detik, misalnya pada suara pertama di isi dengan burung ciblek kemudian jeda lalu disambung suara kapas tembak lalu jeda dan seterusnya. Melalui cara tersebut maka burung anda akan lebih banyak variasi suara kicauannya. Jika anda mempunyai Hp atau perangkat yang menggunakan sistem operasi Android anda dapat menginstal beberapa Aplikasi Android Untuk Memaster Burung.

Proses pemasteran melalui audio mp3 sama dengan cara pemasteran dengan burung hidup, untuk mengetahui caranya anda bisa membaca artikel Cara Tepat Memaster Burung. Dalam artikel tersebut dibahas tentang kondisi, waktu, dan ruang pemasteran.