Cara Beternak Kenari: Proses Penjodohan Yang Baik

Setelah kita membahas pada artikel Cara Beternak Kenari : Pemilihan Induk Yang Berkualitas, kali ini saatnya kita membahas tentang proses penjodohan pada kenari. Sebelum melakukan penjodohan sebaiknya kenari indukan jantan dan betina dilakukan proses pengenalan, agar saat penjodohan bisa cepat melakukan perkawinan.

proses penjodohan kenari

Proses pengenalan kenari akan memakan waktu yang cukup lama sekitar 2 - 3 minggu jika kedua pasangan belum pernah melakukan perkawinan sebelumnya. Akan tetapi jika pasangan sudah pernah kawin maka penjodohan akan relatif lebih cepat yaitu 1 - 2 minggu saja.

Seandainya indukan kenari merupakan pasangan baru, maka pertama kali melakukan perkenalan dengan cara menempatkan sangkar berdampingan dan tempat makanan diletakkan berhimpitan agar saling mengenal antara kedua pasangan. Hal tersebut juga dilakukan saat sedang dijemur, selama proses ini usahakan kedua pasangan jangan didekatkan dengan kenari lain agar mereka fokus dengan pasangannya. Lakukan proses ini selama kurang lebih 2 sampai 3 hari.

Disaat proses perkenalan, sebaiknya kita sering mengamati kedua indukan tersebut. Pengamatan ini berguna untuk mengetahui prilaku kenari yang sedang kita jodohkan apakah sudah saling bercumbu/meloloh saat sangkar ditempelkan dan jika dijauhkan maka akan saling panggil. Jika kenari sudah seperti itu maka dalam waktu kurang lebih 1 minggu mereka sudah dapat dijodohkan (dimasukan dalam satu sangkar).

Sesudah kita masukan dalam satu kandang kita perlu juga mengamati pasangan tersebut, apakah suka berkelahi dengan kejar-kejaran (catatan: jika kedua kenari cuma kejar-kejaran maka biarkan saja, akan tetapi jika sudah saling mencabut bulu lawannya maka harus kita pisahkan lagi karena akan berakibat kematian salah satu indukannya).

Proses penjodohan sudah berhasil jika kedua pasangan terlihat seperti berikut:

  • Saling menyuapi/meloloh.
  • Kenari jantan membantu dalam membuat sarang.
  • Jika mendengar suara burung pejantan berkicau, maka sang betina akan mengepakan sayapnya sambil badanya direndahkan.
  • Kicauan kenari jantan tidak menjadi kendor/lemah.
  • Saat kedua kenari tidur, mereka akan selalu berdampingan.
  • Kulit didaerah anus kenari betina akan menjadi kemerah-merahan, mengkilap seperti berminyak.
Disaat sudah berjodoh, maka perbanyaklah makanan tambahan seperti telur puyuh agar birahinya naik. Dan juga sediakan tulang sotong serta grit (baca artikel Pentingnya Grit Untuk Burung Kenari) untuk kebutuhan kalsium, karena jika betina siap bertelur makanan ini sangat berguna untuk pembentukan cangkang. Itulah tips Penjodohan Kenari, semoga bermanfaat dan sukses menjadi penangkar kenari jawara.