Cara Beternak Kenari : Pemilihan Induk Yang Berkualitas

Banyaknya penggemar burung kenari saat ini, membuat para penangkar kenari kekurangan barang untuk memenuhi permintaan pelanggan. Karena pasar kenari yang sangat menjanjikan maka banyak pula peternak baru burung kenari bermunculan. Bagi para pemula, beternak burung kenari memang terasa menyulitkan jika belum mengetahui cara beternak kenari yang benar.

induk kenari yang berkualitas

Berbagai masalah dalam beternak kenari akan berdatangan karena kurangnya pengetahuan dalam menangkar burung jenis fich ini, baik susahnya menjodohkan, telor yang tidak mau menetas atau juga kenari bayi yang sering mati. Ada beberapa tahap yang sebaiknya anda ketahui sebelum beternak kenari, yaitu:

1.  Pemilihan Sangkar Ternak Kenari

Sangkar untuk ternak kenari sebaiknya dibuat khusus, berbentuk kotak persegi panjang dan ditempatkan dalam ruangan khusus (tenang tidak bising dengan suara sekitar). Penempatan sangkar ditempelkan ke dinding atau diletakkan diatas meja (sangkar tidak boleh berpindah-pindah tempat untuk menjaga ketenangan indukan).

2.  Pemilihan Indukan Kenari

Indukan Kenari Betina, kenari betina yang dijadikan indukan harus dicarikan yang berkualitas bagus, karena betina sebagai faktor utama penghasil anakan kenari. Kualitas anakan akan sangat berpengaruh dari induk betina, oleh karena itu pilihlah yang sehat (bernafas normal, bisa dilihat saat sedang bernafas bulu serta ekor tidak bergerak) dan bagus.

Indukan kenari betina yang bagus dapat dilihat dari ciri fisik yaitu, memiliki tubuh yang besar karena ini akan sangat membantu saat sedang mengerami telurnya, jika indukan kenari betina kecil maka akan beresiko gagalnya penetasan dikarenakan indukan dalam mengerami kurang sempurna panasnya. Selain berbadan besar juga lincah dan bila dilihat dari paruh hingga ekornya berdiri tegak lurus kebawah.

Selain pemilihan dari bentuk tubuh juga harus memilih indukan kenari betina yang sudah siap telur atau bisa dilihat dari anus (jika anus pada kenari betina sudah tidak berbulu dan terlihat menonjol serta membesar maka kenari tersebut sudah siap untuk dijadikan sebagai indukan). Namun cara seperti ini akan sulit jika kenari masih sangat muda karena bulu disekitar anus masih tumbuh, untuk mengetahui kenari muda tersebut sudah siap kawin bisa diberikan tempat bertelur didalam sangkarnya kemudian beri serabut halus dan letakkan diatasnya, jika kenari mau merapikan serabut itu dan menata bundar maka bisa dipastikan sudah siap untuk bertelur.

Indukan Kenari Jantan, kenari jantan yang bagus juga menjadi faktor penentu anakan yang akan dihasilkan oleh indukan betina. Indukan yang bagus adalah mempunyai tubuh yang besar (tidak gemuk), panjang (seperti wortel), suara kicauannya keras, berparuh tebal serta panjang. Jika anda mendapatkan kenari jantan seperti ini besar kemungkinan akan menjadikan anakan mempunyai mental tarung yang kuat.

Kenari jantan yang sudah siap kawin biasanya jika berumur 7 - 8 bulan, atau jika sudah berbunyi nyaring.
Namun ada beberapa kenari jantan yang susah untuk dijodohkan, misalnya kenari jantan yang jika melihat kenari lain akan selalu berkeinginan menyerang walalupun dilihat dari fisik dan suara terlihat sudah siap kawin. Jika anda mempunyai kenari yang seperti ini maka sebaiknya jangan dijodohkan, karena akan berakibat fatal (dapat membunuh indukan kenari betina). Untuk tahap selanjutnya dalam Cara Berternak Kenari silahkan baca Proses Penjodohan Kenari.