Mengenal Kenari Dan Jenisnya

Sekilas Tentang Kenari

Kepulauan Canary serta daratan timur laut Afrika merupakan tempat berkembang biak burung kenari secara bebas. Sebenarnya Kepulauan Canary bukanlah tempat asal muasal burung Kenari, namun sengaja burung Kenari diperkenalkan di kepulauan tersebut.

Kenari menjadi terkenal saat adanya kenari bervarietas kuning, merah, dan cokelat yang membuat jenis burung ini sangat bernilai dan mempunyai banyak penggemar.

gambar-kenari_213004

Kelompok kenari

Kenari di dunia ini memiliki 5 kelompok yaitu:

1. Kenari dengan kelompok lagu (song variety), kelopmpok ini merupakan hasil dari pengembangan kenari mampu menghasilkan kenari yang dapat bernyanyi dengan bagus.

2. Kenari warna (color bred variety), kelompok ini merupakan hasil dari pengembangbiakan yang khusus untuk kualitas warna dan tidak menomorsatukan merdu nyanyian si kenari.

3. Kelompok kenari postur, hasil kenari ini merupakan perkambangbiakan yang mengkhususkan warna bulu.

4. Kenari bagal atau hybrid, kenari yang ini adalah hasil dari persilangan antara burung kenari dengan burung jenis finch lainnya. Persilangan ini untuk menghasilkan keturunan yang mampu memiliki sifat tertentu (menonjol), baik dari masalah warna, lagu, badan, atau kombinasi di antara tiga kelompok telah disebut sebelumnya. Sebagai contoh adalah perkawinan silang antara lizard dengan yorkshire, atau yorkshire dengan blacktrouth dan sebagainya.

5. Yang terakhir adalah kelompok hasil persilangan antara semua kelompok kenari sebelumnya yang bertujuan hanya demi kepuasan penangkar.
- Suara Kenari Untuk Master

Jenis - Jenis Kenari

Burung kenari memiliki ragam jenis yang banyak. Berikut adalah ragam jenis kenari yang populer:

  1. American Singer Canary (hasil persilangan antara Kenari Border dan Kenari Roller)
  2. Belgian Fancy Canary (Burung kenari ini dikategorikan sebagai kenari “postur” dengan postur tubuh membentuk punuk bagai separuh bulan yang terbalik)
  3. Border Fancy Canary (Jenis ini dikembangkan untuk menghasilkan fisik yang bagus, jenis ini juga dikenal sebagai “Wee Gem”, berpostur yang kecil, cantik, bodi kompak dan kokoh)
  4. Color Bred Canary (Jenis yang satu ini merupakan kenari terpopuler, burung ini dipelihara orang di hampir seluruh pelosok dunia)
  5. Crested Canary (Burung bermahkota, mahkota kenari jenis ini haruslah besar dan mengembang dari tengah-tengah kepala hingga mengembang ke depan sampai ke paruhnya hampir sejajar dengan matanya, sehingga mata hampir tertutup. Mahkota ini juga mengembang ke arah belakang kepala)
  6. Fife Fancy Canary (Burung ini merupakan burung border tetapi ukuran badannya lebih kecil, ukuran burung ini harus tidak lebih dari 11 cm. Burung ini sangat mudah diternakkan dan dapat memberikan variasi bulu yang sangat luas)
  7. Gloster Fancy Canary (jenis kenari ini memiliki dua versi. Burung yang memiliki jambul dikenal sebagai ‘Corona’ sedangkan yang tidak berjambul disebut Consort)
  8. Lizard Canary (Lizard Canary (kenari kadal) yang panjangnya sekitar 14 cm ini sangat identik dengan warna bulunya yang menyerupai sisik kadal. Bulu lizard didominasi warna kuning dan warna putih)
  9. Northern Dutch Frilled Canary (Sesuai namanya, Northern Dutch Frilled Canary dikembangkan di Belanda bagian utara, dikembangkan sebagai “type canary” pada abad ke-18)
  10. Norwich Canary (Burung ini mempunyai kelompok bulu yang tebal dan mempunyai bentuk yang serba “bulat”)
  11. Parisian Frilled Canary (Jenis ini merupakan burung yang menggairahkan dan indah. Bulu ekor pada burung ini berjumbai, dan ada juga helm di kepalanya, ada sebuah tutup di dahi, mempunyai efek sideburn di pipi, dan juga ada bulu kerahnya.)
  12. Red Factor Canary (merupakan salah satu jenis kenari yang sangat populer dari hasil silang siskin merah "jantan" dengan kenari kuning "betina")
  13. Roller Canary (Burung ini dikembangkan sebagai “song canary” karena memiliki keindahan suara)
  14. Spanish Timbrado Canary (Merupakan persilangan antara kenari liar dengan burung finch kicauan Spanyol, dari persilangan tesebut menghasilkan burung kenari dengan kicauan yang merdu dan unik)
  15. Stafford Canary (Hasil persilangan antara Gloster dan kenari Red Factor)
  16. Waterslager Canary (Burung ini terkenal dengan lagunya yang menyerupai riak dan tetes air, denting bel dan siulan seruling)
  17. Yorkshire Canary (Merupakan hasil persilangan burung kenari lancashire dan burung kenari belgia, burung ini berbentuk seperti wortel yang terbalik)
  18. Scotch Fancy Canary (Penghobi burung di Inggris menamai jenis kenari ini dengan sebutan Bird O Circle, karena bentuk badan dan kepala sampai ke ujung ekor pada waktu dipertandingkan membentuk setengah lingkaran)
  19. Lancashire Canary (Jenis ini ada yang memiliki mahkota atau jambul yang di sebut lancashire coppy, dan ada pula yang kepalanya polos dan disebut lancashire plain head)
  20. Cinnamon Canary (Burung jenis ini mempunyai kelompok bulu yang tebal dan bentuknya yang serba “bulat”. Memiliki dada bidang, punggung pendek lebar, sayap pendek dan ekor pendek, serta paruh juga pendek.)
  21. London Fancy Canary (Bulunya warna keemasan yang cemerlang, sayap dan ekornya berwarna hitam)
Demikan sekilas tentang kenari dan berbagai jenisnya yang kami kutip dari OmKicau, Wikipedia serta berbagai sumber lainnya, untuk yang ingin memelihara burung kenari silahkan baca Cara Perawatan Yang Baik Pada Burung Kenari.