Jenis Burung Prenjak Dan Suaranya


Spesies burung prenjak di alam ini diperkirakan ada 23 spesies, Burung Prenjak merupakan nama dari segolongan burung kecil yang lincah dan senang mendengarkan suaranya (berkicau). Dikutip dari Wikipedia.org kelompok burung ini dahulu merupakan satu suku (familia) burung yakni Sylviidae, namun sekarang ini (menurut taksonomi Sibley-Ahlquist yang berdasarkan analisis DNA) suku tersebut dipecah kekerabatannya menjadi Sylviidae (part) dan Cisticolidae.

Burung Perenjak pada umumnya berbadan kecil, ramping dan memiliki ekor panjang. Panjang tubuh kebanyakan antara 10-15 cm (diukur dari paruh sampai ujung ekor), akan tetapi ada juga spesies prenjak yang memiliki panjang lebih dari 25 cm. Warna dari burung prenjak kebanyakan berwarna kekuningan, hijau zaitun, atau kecoklatan di sekitar punggung, dengan warna keputihan atau kekuningan di perut.

suara-prenjak_321145


Cirikhas burung ini memiliki suara yang nyaring dan kristal, kebiasaan perenjak adalah seringkali mengeluarkan suara dengan tiba-tiba dan berisik. Beberapa penghobi burung senang memelihara prenjak karena memiliki kicauan yang merdu serta dapat digunakan untuk memaster burung peliharaan lainnya.

Namun dari banyaknya spesies burung prenjak yang ada, hanya ada beberapa jenis prenjak yang sering di pelihara oleh penghobi burung, seperti Prenjak kepala-karat (Prinia buchanani), Burung prenjak pantat-karat (Prinia burnesii), Burung prenjak rufescent (Prinia rufescensi), Burung prenjak rufescent (Prinia rufescensi), Burung prenjak bairdi (Prinia bairdi), Burung prenjak dada-hitam (Prinia flavicans), Burung prenjak rawa (Prinia flaviventris).

Berikut beberapa suara burung prenjak  yang dapat anda Unduh:

1. Prenjak (Prinia Buchanani)



2. Prenjak (Prinia Burnesi)

3. Prenjak (Prinia Rufescent)